Wisata Bogor: Harga Tiket & Fasilitas Taman Buah Mekarsari 2016

Penulis:
Sabtu , 19:58 WIB
Wisata Bogor: Harga Tiket & Fasilitas Taman Buah Mekarsari 2016
Taman Buah Mekarsari

Kota Bogor sebagai kota yang menjadi destinasi wisata di Indonesia memiliki banyak sekali tempat wisata alam, edukasi, dan wisata keluarga. Salah satunya Taman Buah Mekar sari yang terdapat di Cileungsi Bogor Jawa Barat. Kawasan wisata yang menjadi pusat pelestarian keanekaragaman hayati buah-buahan ini menjadi yang terbesar di dunia.

Taman Buah Mekarsari juga merupakan tempat penelitian budidaya, dan tempat untuk memperbanyak bibit unggul, yang kemudian disebarluaskan kembali kepada masyarakat dan petani. Di dekat kawasan Taman Buah Mekarsari ini terdapat Wisata Penangkaran Rusa yang juga bisa Anda kunjungi bersama keluarga.

Sejarah Singkat Taman Buah Mekarsari 

Dibangun di tahun 1990 yang di gagas oleh Almarhumah Ibu Tien Soeharto, Taman Buah Mekarsari dibangun untuk membudidayakan jenis tanaman buah, sayuran dan tanaman hias. Seiring sejalan kawasan wisata Taman Buah Mekarsari yang memiliki luas sekitar 264 hektar ini, ditambahi dengan wahana rekreasi dan permainan yang menambah kegembiraan pengunjung untuk menikmati liburan bersama keluarga, sahabat, ataupun pasangan.

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional Taman Buah Mekarsari 2016

Senin-Jumat (kecuali hari libur) buka pada pukul 10.00 – 16.30 wib

Sabtu-Minggu & hari libur nasional buka pada pukul 09.00 – 16.30 wib.

Disini pengunjung akan menggunakan gelang RFID, dimana untuk tiap memasuki wahana pengunjung tidak perlu repot untuk mengantri tiket. Dari harga tiket Rp. 25.000 yang Rp. 10.000 di masukkan ke saldo di gelang dan Rp. 15.000 untuk tiket masuk ke kawasan. Pengunjung dapat mengisi ulang saldo di gelang ini untuk menikmati wahana-wahana lainnya. Pengunjung bisa membawa pulang gelang ini atau di tukarkan kembali dengan uang sejumlah yang ada di sisi saldo gelang tersebut.

Kegiatan Wisata di Taman Buah Mekarsari

1. Atraksi Kebun & Budiaya

Bisa di bilang ini adalah wisata edukasi yang terdapat di Taman Buah Mekarsari, dimana pengunjung akan mendapat pengarahan dan langsung mempraktekan cara bercocok tanam yang baik dan benar.

2. Outbound

Kegiatan wisata outdoor yang menyenangkan tersedia di Taman Buah Mekar Sari seperti: Panjat tebing, Flying fox, Halang rintang, dan Dayung rakit berkelompok.

3. Atraksi Air

Terdapat rekreasi air di Taman Buah Mekarsari yang mirip seperti di Taman Wisata Matahari, diantaranya: Water Bike, Mini Aqua Boat, Banana Boat, Floating Donat, Giant Bubble.

4. Atraksi Sepeda

Atraksi yang bisa pengunjung nikmati disini berupa sepeda Tuk-tuk (sepeda khas Thailand), Sepeda tandem, dan ATV.

5. Arena Bermain

Taman Buah Mekarsari menyediakan arena bermain seru dan menyenangkan bersama anak dan keluarga seperti: Aeroplane, Mono Rail, Fancy Train, dan Mono Rail.

6. Pertunjukan

Pertunjukan di Taman Buah Mekarsari terdapat dua jenis, yaitu Operet dan Pongo Show. Karnaval badut lucu dan lincah menjadikan pertunjukan Operet menarik untuk disaksikan bersama anak dan keluarga. Sedangkan pertunjukan komedi interaktif Pongo Show di tampilkan dua kali dalam sehari tiap senin sampai jumat, dan empat kali dalam sehari tiap sabtu dan minggu.

7. Olahraga

Kegiatan wisata sambil berolah raga bisa dilakukan dengan berjalan, senam, ataupun bersepeda mengelilingi wisata. Bagi pengunjung yang ingin berjalan, usahakan dalam kondisi tubuh yang sehat dan vit karena kawasan wisata ini sangat luas.

Fasilitas Penunjang Taman Buah Mekarsari

- Panggung Acara

- Ruangan

- Tenda Acara

- Taman Acara

Paket Wisata

1. Back to The Green World

2. Come Out & Play

3. Company & Family Gathering

4. Fun Days

5. Kids Farm

6. Paddy Village

7. Tour of Science

8. Tropical Camp

9. Paddy Legend

Akomodasi & Penginapan di Taman Buah Mekarsari

1. Rumah Pohon

2. D'Cabin

3. Family Camp

Jenis Tanaman yang ada di Taman Buah Mekarsari

1. Tanaman Rempah & Biofarmaka

2. Tanaman Pangan

3. Tanaman Hias

4. Tanaman Industri

5. Tanaman Sayur

6. Tanaman Pelindung

Koleksi Buah di Taman Buah Mekarsari

1. Buah Musiman

2. Buah Non Musim

3. Buah Langka & Unik

Pusat Iptek Taman Buah Mekarsari

1. Lab. Penelitian

2. Pemuliaan Tanaman 

3. Pembibitan Tanaman

4. Hama & Penyakit Tanaman

5. Dokter Tanaman

Pendidikan & Pelatihan di Taman Buah Mekarsari

1. Pelatihan Pertanian

2. Field Trip

Belanja Tanaman & Buah

1. Garden Center

2. Bursa Buah

Parkir Kendaraan

Sepeda motor: Rp.5.000,-

Mobil: Rp.15.000,-

Bus: Rp. 35.000

Toilet Umum

Terdapat banyak toilet umum di beberapa titik arena di Taman Mekarsari. Namun usahakan sebelum berkeliling menggunakan kereta sebaiknya Anda segera ke toilet karena ketika berkeliling dengan kereta untuk melihat perkebunan buah dan sayur mayur, Anda akan sulit menemukan toilet.

Toko Souvenir.

Anda dapat membeli souvenir sebagai oleh-oleh di kawasan Garden Paradiso. Tempat ini menjual berbagai koleksi tanaman bonsai dan dijual dengan harga yang terjangkau. Terdapat juga berbagai macam pedagang makanan dan minuman, serta kios suvenir (kaus, kerajinan tangan, topi, gantungan kunci, dan lain-lain).

Wisata Lain di dekat Taman Buah Mekar Sari

- Wana Wisata Penangkaran Rusa Jaya Giri

- Gunung Batu Jonggol

- Wisata Alam Gunung Pancar

Alamat: 

JL. Raya Cileungsi-Jonggol, Mekarsari, Kec. Cileungsi, Kab. Bogor, Jawa Barat 16820

Tlp: (021) 8231822

Navigasi Google Maps

Artikel Tag: taman buah mekarsari, cileungsi, jonggol, bogor, jawa barat

     
470