Wisata Bogor: Gunung Batu Jonggol, Bukit yang Masih Dikelola Secara Swadaya Oleh Masyarakat

Penulis:
Minggu , 15:44 WIB
Wisata Bogor: Gunung Batu Jonggol, Bukit yang Masih Dikelola Secara Swadaya Oleh Masyarakat
Gunung Batu Jonggol

Gunung Batu Jonggol - Bogor yang memiliki julukan kota hujan ini, menyimpan banyak potensi wisata alam yang masih perlu pengembangan. Sekalipun sudah banyak pihak swasta yang berinvestasi di banyak tempat di kota ini, namun masih banyak kawasan yang masih bisa di kembangkan lebih baik lagi.

Salah satunya adalah Gunung Batu Jonggol, merupakan sebuah bukit yang ada di Desa Sukaharja, Sukamakmur, Jonggol, Kab. Bogor, Jawa Barat. Ketinggian Gunung Batu Jonggol ini tidak seberapa jika dibanding dengan gunung lainnya yang ada di Indonesia, tingginya kurang lebih 875 Mdpl atau kira-kira 200 meter dari titik pendakian. Namun jangan anggap remeh gunung ini, tanjakan ekstrim nya akan memacu adrenalin bagi siapapun yang mendakinya.

Gunung Batu Jonggol

Gunung Batu Jonggol ini masih di kelola secara swadaya oleh masyarakat setempat, jadi segala fasilitas dan pengamanan yang ada masih terbilang kurang. Untuk masuk ke kawasan pengunjung dikenakan biaya Rp. 15.000 dan untuk pendakian dikenakan biaya lagi sebesar Rp. 5.000.

Akses Jalan

Pemandangan kanan kiri jalan menuju Gunung Batu Jonggol sangat indah. Sungai besar yang mengalir, sawah menghijau luas, hingga bukit-bukit yang menjulang tinggi. Untuk memasuki kawasan ini, pengunjung bisa memilih 2 Akses, yaitu :

1. Melalui Cileungsi - Jonggol

Dari Cibubur Junction terus masuk ke jalan alternatif cibubur, kemudian ambil arah ke Cileungsi diteruskan ke arah Jonggol lalu Kampung Menger dan sampilah di Gunung Batu Jonggol.

2. Melalui Cibinong - Citeureup

Dari arah Cibinong ambil jalan ke arah Citeureup lalu ke arah Tajur kemudian Sukamakmur dan tibalah di Gunung Batu.

Perlu diingat bahwa tidak ada transportasi umum untuk menuju Gunung Batu Jonggol ini. Akses kendaraan bisa di lalui oleh roda dua maupun roda empat. Untuk mobil pribadi sebaiknya gunakan ground clearence yang tinggi.

Alamat

Desa Sukaharja, Sukamakmur, Bogor, Jawa Barat, Indonesia. 16830

Navigasi Google Maps


Artikel Tag: gunung batu jonggol, jonggol, bogor, jawa barat

     
1809