Wisata Bogor: Pesona Alam & Sejarah Danau Telaga Warna Puncak Pass Bogor

Penulis:
Minggu , 21:04 WIB
Wisata Bogor: Pesona Alam & Sejarah Danau Telaga Warna Puncak Pass Bogor
Danau Telaga Warna Puncak Pass Bogor

Danau Telaga Warna Puncak Bogor merupakan taman wisata yang berlokasi di Puncak Pass Bogor. Taman wisata ini adalah Cagar Alam yang pengelolaanya berada di bawah Badan Konservasi Sumber Daya Alam.

Objek wisata ini menjadi primadona dan terkenal karena keindahan alamnya yang tidak terdapat di wisata alam lainnya, yaitu air di danau nya dapat berubah warna. Menurut hasil dari penelitian, Danau Telaga Warna ini memiliki tujuh warna air yang dapat berubah-ubah. Salah satu yang menyebabkan perubahan warna itu adalah pantulan dari berbagai warna pepohonan yang ada di sekitar danau. Tapi secara ilmiah perubahan warna itu disebabkan oleh ganggang di telaga. Tumbuhan jenis algae ini bisa berubah-ubah warnanya sehingga air danau pun turut terlihat berubah warna.

Selain itu pengunjung juga akan menemukan berbagai jenis satwa liar yang hidup di kawasan Danau Telaga Warna, seperti: Lutung, Kera abu-abu dan Surili. Dan beberapa satwa jenis burung seperti burung puyuh, burung walet, burung tekukur, serta kadanca. Keistimewaan lainnya, di tempat ini terdapat berbagai jenis flora asli hutan tropika pegunungan, seperti paku tiang, rame, dan rotan di dalam kawasan cagar alam seluas 268,25 hektar ini.

Bagi pengunjung yang ingin berkeliling menikmati pesona keindahan Danau Telaga Warna, pengelola Taman Wisata Alam Danau Telaga Warna menyediakan perahu kecil atau sepeda air.

Selain sebagai tempat berwisata, ada yang memanfaatkan tempat ini untuk pengambilan foto prewedding. Bagian tengah danau dan keindahan pepohonan disekitar sambil berdiri di atas rakit menjadi sebuah foto prewedding yang indah.

Sejarah Danau Telaga Warna Puncak Bogor

Pada zaman dahulu kala, Danau Telaga Warna merupakan tempat petilasan dan akhirnya menjadi peninggalan sejarah Kerajaan Kutatanggeuhan. Kerajaan ini dipimpin oleh seorang raja yang bernama Prabu Suarnalaya dan permaisurinya bernama Purbamanah. Setelah sekian lama mereka menikah, sang raja dan permaisuri tak kunjung di karunia anak atau keturunan. Maka raja pun memutuskan untuk bertapa, memohon kepada Tuhan agar segera diberi keturunan.

Dalam sekian waktu bertapa, akhirnya raja Prabu Suarnalaya mendapat wangsit yang isinya berupa sebuah saran agar ia mengangkat seorang anak. Setelah beberapa bulan kemudian permaisuri raja Purbamanah pun akhirnya hamil dan melahirkan seorang anak perempuan dengan sehat dan selamat.

Suatu ketika saat sang puteri tumbuh dewasa, raja Prabu Suarnalaya mengadakan pesta dan menghadiahkan puteri semata wayangnya tersebut dengan sebuah kalung. Namun sang puteri tidak mau menerima hadiah kalung tersebut, hingga akhirnya membuat sang permaisuri menangis. Tiba-tiba salah satu bagian pendopo kerajaan mengeluarkan air yang deras yang semakin lama semakin membesar, hingga akhirnya keraton Kerajaan Kutatanggeuhan tenggelam.

Mitos Danau Telaga Warna

Di balik keindahan alam dan udara yang sejuk, nuansa mistik juga menyelimuti lokasi tersebut. Menurut masyarakat sekitar, di telaga ini hidup 2 ekor ikan purba berwarna hitam dan kuning. Menurut pengelola kawasan, apabila ada orang yang mampu melihat ikan besar tersebut dan meloncat ke atas permukaan telaga, maka segala cita-citanya akan tercapai dan terkabul.

Mitos lain yang dipercayai masyarakat setempat ialah bagi siapa saja yang membasuh muka dengan air telaga ini, akan selalu terlihat awet muda.

Harga Tiket dan jam Buka

Taman Wisata Telaga Warna puncak Bogor dibuka setiap hari bagi para pengunjung, mulai dari pukul 08.00 WIB sampai dengan 17.00 WIB. Sedangkan harga tiket masuk sebesar Rp 7.500/orang.

Aktivitas Wisata

Selain dapat menikmati suasana alam yang indah dan sejuk sambil berjalan mengelilingi Danau Telaga Warna, pengunjung juga dapat menikmati beberapa aktivitas wisata lain, di antaranya:

1. Wahana Air

Beberapa kegiatan wahana air diantaranya, berkeliling di atas danau dengan menggunakan sebuah rakit kecil atau sepeda air.

2. Flying Fox

Di Danau Telaga Warna Puncak Pass Bogor, dilengkapi dengan wahana Flying Fox dengan tarif Rp.50.000 dengan sekali melintas di atas danau. Dimana pengunjung akan melintasi telaga hijau sejauh hampir 100 meter.

3. Selfie di Kebun Teh

Pengunjung juga bisa naik ke kebun teh untuk menikmati pemandangan Puncak Pass di antara kebun teh.

4. Tracking

Pihak pengelola Taman Wisata Alam Danau Telaga Warna, juga telah menyediakan beberapa fasilitas wisata lainnya yang dapat pengunjung nikmati. Salah satunya sebuah track untuk melintasi alam di sekitar Danau Telaga Warna.

5. Melihat Satwa Burung

Di taman wisata Danau Telaga Warna terdapat sebuah menara yang tingginya mencapai 13,5 meter yang dapat pengunjung gunakan untuk melihat berbagai jenis burung yang hidup pada kawasan wisata tersebut.

Fasilitas Pendukung

1. Toilet

Tempat wisata Danau Telaga Warna ini sudah dikelola oleh pemerintah daerah dengan baik, fasilitas umum seperti toilet dapat kita jumpai di beberapa titik di sekitar Danau Telaga Warna.

2. Mushola

Terdapat mushola kecil bagi umat islam untuk menjalankan shalat Dhuzur atau Ashar di lokasi Danau Telaga Warna.

Tips Berwisata di Danau Telaga Warna Puncak

- Berhati-hatilah dengan barang bawaan Anda karena masih banyak monyet liar yang hidup bebas di sekitar danau dan terkadang jahil dengan mencuri barang bawaan pengunjung.

- Untuk bisa melihat pemandangan danau dengan view yang lebih indah sebaiknya kita mendaki bukit yang berada di sebelah danau. Dari atas bukit tersebut, kita bisa melihat secara jelas Telaga Warna dan juga Telaga Pengilon yang berwarna kecoklatan yang berada di sebelah Danau Telaga Warna.

- Sangat dianjurkan untuk membawa pakaian hangat karena cuaca di puncak terlebih di daerah danau yang masih banyak pepohonan bisa menjadi sangat dingin. Bahkan pada waktu-waktu tertentu bisa berkabut.

- Waktu terbaik untuk mengunjungi Telaga Warna adalah pada bulan-bulan pasca musim hujan. Karena jika kita berkunjung pada akhir musim kemarau, air danau mengalami surut sehingga kurang indah untuk dilihat.

- Jika Anda berasal dari Jakarta, usahakan berangkat sepagi mungkin atau kalau bisa sehabis subuh. Karena jika dihari libur, jalur puncak akan mengalami buka tutup jalan mulai pukul 9 pagi.

Wisata terdekat Danau Telaga Warna

Wisata Citamiang

Taman Safari Indonesia Puncak Bogor

Taman Wisata Matahari Puncak Bogor

Konservasi Alam Bodogol

Paralayang di Bukit Gantole Puncak Bogor

Agro Wisata Gunung Mas Puncak Bogor

Pesona Alam Resort & Spa

- Melrimba Garden

Taman Riung Gunung Puncak Bogor

Alamat

Jl. Raya Puncak Bogor-Cianjur, Puncak Pass, Tugu Utara, Bogor Jawa Barat

Navigasi Google Maps

Artikel Tag: danau telaga warna, telaga warna, puncak, bogor, jawa barat, prewedding bogor

     
167