Wisata Bogor: Harga Tiket & Fasilitas Taman Safari Indonesia Cisarua Puncak Bogor Terbaru 2016

Penulis:
Sabtu , 13:50 WIB
Wisata Bogor: Harga Tiket & Fasilitas Taman Safari Indonesia Cisarua Puncak Bogor Terbaru 2016
Taman Safari Indonesia Puncak Bogor

Sebagai pelopor dalam taman konservasi dan rekreasi, Taman Safari Indonesia (TSI) telah menjadi lembaga konservasi terbaik di Indonesia dan juga menjadi salah satu tema wisata alam yang paling populer di Indonesia.

Terdapat banyak spesies hewan, burung dan reptil di Taman Safari Indonesia dari lima benua yang berbeda, meniru latar belakang yang berbeda, perilaku dan habitat. Dengan pengalaman panjang di bidang ini, Taman Safari Indonesia telah memperoleh akreditasi nasional dan internasional sebagai lembaga konservasi terbaik di Indonesia untuk pengelolaan satwa liar dan infrastruktur pendukungnya.

Taman Safari Indonesia Cisarua Puncak Bogor dibangun pada tahun 1980 di perkebunan teh yang tidak lagi produktif dengan luas sekitar 50 hektar. Pada tahun 1986 Taman Safari Indonesia Cisarua Puncak Bogor didirikan sebagai konservasi satwa liar dan taman rekreasi di Indonesia. Kemudian taman itu ditetapkan sebagai Obyek Wisata Nasional oleh Menteri Pariwisata, Pos, dan Telekomunikasi, dan diresmikan menjadi Pusat Pembibitan Endangered Species di Indonesia oleh Menteri Kehutanan pada tanggal 16 Maret 1990. Hari ini, Taman Safari Indonesia Cisarua Puncak Bogor telah tumbuh diatas lahan seluas 168 hektar dan dilengkapi dengan berbagai fasilitas wisata edukasi dan rekreasi.

Melanjutkan kisah sukses dari Taman Safari Indonesia yang pertama di Cisarua Puncak Bogor, Taman Safari Indonesia dua pun di bangun di Prigen, yang didirikan pada tahun 1997 di lereng Gunung Arjuno, berada di lahan subur seluas 350 hektar dan menjadi Taman Safari terbesar di Indonesia. Di sini Taman Safari Prigen tetap berkomitmen dalam bidang konservasi dan pendidikan terutama pada Spesies Banteng Jawa yang terancam punah.

Taman Safari Indonesia yang ke-tiga diresmikan pada tahun 2007 di Gianyar, Bali dengan nama "Bali Safari & Marine Park" yang bertujuan untuk menarik pasar wisatawan internasional dan domestik yang berkunjung ke Bali. Di Bali Safari & Marine Park ini terdapat fasilitas dengan standar internasional seperti: safari malam, perjalanan safari, Uma Restaurant, Bali Agung Budaya Show, Mara River Safari Lodge, Tsavo Lion Restaurant, dan Marine Park.

Kemudian pada tahun 2010, Taman Safari Indonesia mendirikan Batang Dolphins Center yang terletak di kawasan pantai Sigandu Batang, Jawa Tengah. Batang Dolphins Center ini didirikan sebagai penelitian, pendidikan dan pusat konservasi. Batang Dolphin Center sekarang ini menjadi salah satu tujuan wisata domestik terbaik di Jawa Tengah.

Kegiatan Wisata di Taman Safari Indonesia Cisarua Puncak Bogor

1. Menjelajah Hutan Taman Safari Dengan Kendaraan Pribadi di Safari Siang

Perjalanan menjelajah hutan Taman safari dengan mengendarai mobil pribadi merupakan kegiatan yang seru dan menyenangkan bersama keluarga. Anda akan merasakan sensasi berpetualang di hutan dengan waktu kurang lebih 45 menit di perjalanan sambil melihat hewan-hewan liar yang berkeliaran bebas di alam seperti Kudanil, Harimau Sumatra, Gajah, Rusa, Jerapah, dan sebagainya. Setelah perjalanan selesai, ada banyak ragam wahana yang bisa Anda rasakan, seperti: pertunjukan di area rekreasi, 7 exhibit satwa, 20 wahana permainan dan sebagainya. Tersedia juga cafe dan resto yang bisa Anda pilih untuk makan dan minum.

Harga Tiket Safari Siang

- Anak usia 1-5 tahun: Rp. 140.000

- Dewasa usia diatas 6 tahun: Rp. 150.000

- Sepeda Motor: Rp. 5.000

- Mobil: Rp. 15.000

- Bus: Rp. 20.000

2. Menjelajah Hutan Taman Safari di Kegelapan Malam di Safari Malam

Pada perjalanan Safari malam ini berbeda dengan Safari Siang, dimana Anda akan di bawa oleh mobil atau kereta mobil dengan beberapa orang pemandu. Keadaan akan menjadi tegang ketika melewati area Harimau Sumatra dengan kereta yang tidak ada pintu dan jendela, karena tidak semua mobil Safari Malam tertutup. Namun kegiatan wisata ini di pastikan aman karena dijaga oleh pawang yang mengawasi di tiap area dan di pandu oleh pemandu yang duduk di samping driver. Setibanya di akhir perjalanan Anda akan menyaksikan pertunjukan Fire Dance yang spektakuler.

Harga Tiket Safari Malam

- Anak usia 1-5 tahun: Rp. 140.000

- Dewasa usia diatas 6 tahun: Rp. 150.000

- Sepeda Motor: Rp. 5.000

- Mobil: Rp. 15.000

- Bus: Rp. 20.000

3. Pertunjukan Binatang / Animal Education Show 

- Elephant Education Show

Bertempat di Plaza Gajah dengan jam tayang pukul 11.30 dan 16.30 WIB setiap harinya. Pertunjukan yang dimainkan oleh Gajah Sumatera ini menceritakan tentang ilustrasi dari operasi Ganesha pada tahun 1982 yang mencoba untuk mengatasi konflik antara manusia dan Gajah. Gajah-Gajah yang memainkan peran mereka dengan hebat ini tidak hanya menyenangkan tetapi juga memberikan Anda pengetahuan tentang sejarah mereka. 

- TIGER SHOW

Bertempat di Panggung Singa Macan dengan jam tayang pukul 13.30 dan 16.00 WIB setiap harinya. Pertunjukan yang memberikan gambaran mengenai kehidupan Harimau Sumatera. Sekalipun mereka buas, tetapi disini mereka menunjukkan kedekatan dengan manusia. Pengunjung akan melihat para pawang memberi makan kepada Raja Hutan ini tanpa menggunakan alat, bersalaman, serta melakukan aksi lainnya.

- VARIOUS ANIMALS SHOW

Bertempat di Panggung Terbuka dengan jam tayang pukul 11.30 dan 15.00 WIB setiap harinya. Pertunjukkan yang pasti akan disukai oleh anak-anak ini menampilkan aksi beberapa satwa terlatih, seperti: Orangutan, Anjing, Angsa, Kambing, Binturong, dan sebagainya. Tontonan ini akan menjadi wisata edukasi bagi anak-anak untuk mengenalkan binatang dengan cara yang menyenangkan.

- BIRDS OF PREY SHOW

Bertempat di Lapangan Birds of Prey dengan jam tayang pukul 14.00 dan 15.30 WIB setiap harinya. Di pertunjukan ini seolah pengunjung adalah target dari burung-burung pemangsa seperti Barn Owl (jenis Burung Hantu), dan Elang Bondol. Banyak hal yang dapat dipelajari dari mereka dan pengunjung juga bisa memberi makan langsung kepada mereka.

- SEA LIONS SHOW

Bertempat di Sea Lion Show dengan waktu pertunjukan 11.30 dan 15.00 WIB setiap harinya. Binatang yang tidak bisa kita jumpai di perairan Indonesia, Singa Laut yang akan menunjukkan kedekatan dan kepintaran mereka dengan para pawang dengan menari ataupun berciuman.

- DOLPHIN SHOW

Bertempat di Dolphin Show dengan jam tayang pukul 13.00 dan 16.30 WIB setiap hari. Tingkah laku mamalia air yang akan membuat pengunjung kagum ini akan memperlihatkan kepintaran mereka, Lumba-lumba pintar ini akan memperlihatkan kekuatan ekor mereka, menunjukkan tinggi loncatannya dan tingkah laku lainnya yang membuat pengunjung takjub.

- COWBOY SHOW

Bertempat di Panggung Cowboy dengan waktu tayang pukul 14.00 WIB hari biasa, pukul 13.30 dan 16.00 WIB hari libur. Diceritakan disini Kota Koboi dirusak ketenangannya oleh sekawanan bandit jahat. Perjuangan Deputi, Sherif, dan para Indian bersatu untuk melumpuhkan aksi mereka dengan tembak-tembakan dan ledakan yang semua di kemas secara real seperti parodi nyata yang diperankan oleh manusia.

- GLOBE OF DEATH

Bertempat di Globe of Death dengan waktu tayang pukul 14.30 dan 16.00 WIB setiap harinya. Aksi motor yang berputar-putar di dalam sebuah globe besi besar. Satu per-satu para rider memasuki globe dan berputar-putar tanpa tertabrak satu sama lain

- SAFARI THEATER

Bertempat di Balairiung dengan waktu tayang pukul 15.30 WIB di hari biasa, 13.30 dan 13.30 WIB di hari libur. Pengunjungakan di suguhkan tontonan sirkus selama 30 menit. Aksi memukau tarian api, kelucuan si badut, sulap yang menakjubkan, serta akrobatik yang mendebarkan.

4. Sarana Permainan dan Hiburan

- AMUSEMENT PARK

Banyak wahana permainan seru yang ada di Taman Safari Indonesia Cisarua Puncak Bogor, salah satunya adalah Amusement Park. Anda akan di luncurkan keatas dengan kecepatan tinggi sejauh 53 meter.

- SAFARI WATERPARK

Wahana ini mirip seperti yang ada di The Jungle Waterpark, ataupun Taman Wisata Matahari. Taman Safari Indonesia pun melengkapi wahana permainan dan hiburan dengan waterpark yang bisa menjadi pilihan pengunjung setelah memutari hutan luas Taman SAfari dengan kendaraan pribadi di Safari Siang.

5. Pengalaman Special Berinteraksi dengan Binatang

Taman Safari Indonesia juga memiliki fasilitas bagi pengunjung untuk mengadakan interaksi langsung dengan binatang, tentunya binatang-binatang tertentu yang sudah di jinakkan. Beberapa interaksi tersebut adalah:

- Berenang Bersama Lumba-lumba

- Petualangan menjelajah hutan dengan menunggangi gajah

- Memberi makan Penguin

- Berfoto dengan binatang buas

6. Kegiatan Hiking dan Outbound

Taman Safari Indonesia berada di daerah pegunungan yang sejuk dengan memiliki track bagi pejalan kaki yang ingin melakukan olahraga dengan berjalan mengelilingi hutan Taman Safari dan sekaligus melihat-lihat vegetasi tanaman obat yang dibudidayakan. Akhir dari perjalanan hiking ini pengunjung bisa menikmati permainan Oubound yang menyenangkan.

Oleh-oleh Khas Taman Safari Indonesia

Taman Safari Indonesia menyediakan toko souvenir khusus untuk cinderamata sebagai oleh-oleh dan kenang-kenangan seperti kaos, topi, boneka, payung, dan banyak lagi yang lainnya di SAFARI WONDERS.

Artikel Tag: taman safari indonesia, puncak, bogor

     
556