Wisata Bogor: Pusat Pendidikan Konservasi Alam Bodogol

Penulis:
Selasa , 07:01 WIB
Wisata Bogor: Pusat Pendidikan Konservasi Alam Bodogol
Pusat Pendidikan Konservasi Alam Bodogol

Pusat Pendidikan Konservasi Alam Bodogol atau yang disingkat dengan PPAKB ini merupakan tempat pengenalan tentang kekayaan alam dari hutan hujan tropis di Indonesia kepada masyarakat umum yang mulai di perkenalkan pada tahun 1998.

Berada di kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango PPAKB ini didirikan oleh tiga lembaga, yaitu Conservation Internasional Indonesia atau CII, Taman Nasional Gunung Gede Pangrango atau TNGGP, dan Yayasan Alam Mitra Indonesia atau ALAMI.

Berada di ketinggian 800 meter di atas permukaan laut, menjadikan Pusat Pendidikan Konservasi Alam Bodogol memberikan peran bagi keberagaman hayati di area Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Terdapat beragam jenis tumbuhan bunga, tumbuhan obat, tanaman hias, dan berbagai satwa endemik jawa seperti Owa Jawa dan Elang Jawa.

Pusat Pendidikan Konservasi Alam Bodogol dikelola oleh sebuah BPH (Badan Pengelola Harian) yang merupakan unit manajemen yang didalamnya ada komponen Masyarakat, komponen Taman Nasional, dan Volunteer di Bodogol. Mereka telah mendapatkan tanggung jawab untuk menjalankan program pendidikan konservasi, ekowisata, dan penelitian. Kemudian BPH akan melaporkan kegiatan dan pertanggung jawaban ke semua anggota konsorsium.

Kegiatan Wisata Di PPKAB

- Jungle trekking

- Menyingkap rahasia hutan hujan tropis

- Mamalia hutan hujan tropik

- Flora-flora bermanfaat di hutan hujan tropik

- Asal usul air

- Birdwatching

Alamat Pusat Pendidikan Konservasi Alam Bodogol 

Jl. Raya Bogor - Lido, Resort PPKAB, Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

PPKAB : Ridwan (085697028756), Elan (08561343854), telp/fax 02518224963

Email : ppkab@yahoo.co.id

Artikel Tag: pusat pendidikan konservasi alam bodogol, ppkab, bogor, jawa barat

     
258