Wisata Bogor: Air Panas Gunung Pancar Babakan Madang

Penulis:
Minggu , 13:15 WIB
Wisata Bogor: Air Panas Gunung Pancar Babakan Madang
Wisata Air Panas Gunung Pancar

Gunung Pancar merupakan sebuah gunung yang terdapat di Kecamatan Citeureup, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Gunung Pancar terletak pada ketinggian 300-800 m dpl dengan topografi landai hingga bergelombang terjal dengan derajat kemiringan 15-40%. Bagian tertinggi yaitu pada puncak Gunung Pancar 800 m dpl dan Pasir Astana 700 m dpl.

Sumber air panas yang terdapat di Gunung Pancar merupakan salah satu kekayaan yang dimiliki Kabupaten Bogor. Obyek wisata ini tepatnya berada di Kp. Karang Tengah Kecamatan Babakan Madang. Lokasi ini bisa di tempuh dengan mengambil rute Cibinong - Sentul - Babakan Madang, dengan waktu tempuh sekitar 45 menit dari pintu tol Sentul.

kolam rendam gunung pancar

Keunikan wisata Air Panas Gunung Pancar ini karena kadar belerang yang dimilikinya. Seperti halnya obyek wisata pemandian air panas di Bogor lainnya, disamping menikmati keindahan alam pengunjung juga dapat mencoba terapi air panas untuk pengobatan berbagai macam penyakit kulit ringan. Fasilitas yang ada berupa kolam rendam yang dibagi menjadi dua bagian, yaitu kolam berendam umum dan kolam berendam pribadi.

Ada dua alternatif jalur untuk sampai ke lokasi yang dapat dilalui, yang pertama lewat pintu tol Sentul menuju Desa Babakan Madang dan Desa Karang Tengah dengan waktu tempuh selama setengah jam. Dan yang kedua, melalui kota Bogor, melewati Bogor Baru, lalu sampai di Desa Karang Tengah. Waktu tempuhnya hanya sekitar 1 jam.

Tiket Masuk untuk dewasa adalah Rp. 20.000,- sedangkan untuk anak-anak Rp. 10.000,-

Untuk anda yang ingin menginap tersedia akomodasi dengan menyewa kamar di Giritirta Hot Spring Report & Spa. Tersedia pilihan, baik kamar mapun villa. 

Baca Juga: 7 Tempat Camping Bersama keluarga di Gunung Pancar

Tarifnya bervariasi, mulai dari Rp 700.000,- sampai Rp 2.000.000,-/malam. Giritirta juga menyediakan perawatan kebugaran dan kecantikan sampai berendam di kolam terbuka, namun VIP, tarifnya Rp 50.000,-/jam. Setelah puas berendam, Anda bisa membasuh tubuh dengan air pancuran yang dingin. Semuanya bisa Anda nikmati ketika berkunjung ke Objek Wisata Air Panas Gunung Pancar Bogor.

Air Panas Kawah Hitam Gunung Pancar

Letaknya masih di sekitaran Wisata Gunung Pancar, dan pengunjung harus berjalan kaki selama beberapa menit menyusuri jalan setapak untuk sampai ke lokasi Kawah Hitam Gunung Pancar. Pengunjung akan memasuki gerbang masuk Kawah Hitam yang terbilang cukup sederhana, hanya menggunakan potongan kayu dan atap dari asbes, namun pemandangan pedesaan disini sangat alami dengan udara yang segar.

Selama berjalan kaki, pengunjung akan melihat cottage atau pondok yang terlihat usang dan butuh perawatan, ada juga pendopo yang memiliki kamar untuk berendam yang sudah tidak beroperasi lagi. Terdapat juga sebuah Villa yang dimiliki seorang penyanyi yang berasal dari Bandung, ketika menyusuri jalan menuju Kawah Hitam Gunung Pancar.

Terdapat pula Gazebo dengan kolam yang sudah mengering, mungkin hanya diisi air panas jika ada tamu datang dan menyewa cottage di dekatnya. Kondisi gazebo terlihat kurang terawat dan terlihat sudah lama tak digunakan. Nama Kawah Hitam diambil dikarenakan ada jala-jala hitam yang menutupi lubang kawah dan tidak terlihat sama sekali airnya karena terhalangi oleh jala-jala tersebut. Bukan karena airnya hitam atau batu-batu yang mengelilingi kawah tersebut berwarna hitam seperti dugaan sebelumnya.

Adalagi Kawah Hitam lainnya yang terdapat di antara rimbunan pohon bambu, kawah hitam yang ini memiliki diameter yang lebih besar, dan memiliki jala penutup lebih lebar lagi dibanding yang sebelumnya.

Air Panas Kawah Merah Gunung Pancar

Jalan menuju ke Air Panas Kawah Merah Gunung Pancar harus melewati jalanan yang agak sempit dan menanjak cukup panjang. Titik awalnya beberapa meter dari gerbang Air Panas Gunung Pancar. Air panas disini menurut warga sekitar mengandung belerang dan berada dekat sumber mata air panasnya.

Jalan setapak ke Air Panas Kawah Merah Gunung Pancar yang dilalui melewati salah satu dari dua jembatan bambu yang melintang di atas sungai. Masing-masing jembatan itu membawa pengunjung ke tempat rendam air panas berbeda yang dikelola oleh orang yang berbeda pula.

Sumber air panas Kawah Merah Gunung Pancar selalu mengeluarkan air, yang mana air ini mengalir begitu saja melewati permukaan tanah, dan menyisakan jejak belerang berwarna kuning kemerahan, kemudian di tampung pada kolam penampungan sederhana sebelum dialirkan ke kolam dan kamar rendam setelah disesuaikan suhunya.

Artikel Tag: air panas gunung pancar, gunung pancar, kolam rendam air panas di bogor, sentul, bogor, jawa barat

     
391