Kebun Raya Cibodas Memiliki Sejarah Zaman Kolonial Belanda

Penulis:
Sabtu , 16:18 WIB
Kebun Raya Cibodas Memiliki Sejarah Zaman Kolonial Belanda
Air Mancur di Kebun Raya Cibodas

Kebun Raya Cibodas merupakan kawasan wisata keluarga yang terletak di Hutan Gunung Gede Pangrango, tepat nya di Desa Cimacan Kecamatan Cipanas Kabupaten Cianjur. Memiliki luas sekitar 80 hektar dengan topografi permukaan yang bergelombang dan berbukit, dan ketinggian mencapai 1.275 m dpl dan bersuhu udara sekitar 17 - 27 derajat Celcius. Nama lain dari Kebun Raya Cibodas adalah Cibodas Botanical Garden.

Kawasan wisata ini diminati wisatawan tidak hanya dari dalam negeri, namun wisatawan mancanegarapun banyak yang berkunjung kesini. Begitu indahnya Kebun Raya Cibodas ini sampai Dr. F.W. Went, seorang ahli fisiologi tumbuhan pernah mengatakan bahwa Kebun Raya Cibodas merupakan salah satu syurga dunia, bahkan sampai ada yang pernah menjulikinya Taman Firdaus Asia.

Sekilas Tentang Kebun Raya Cibodas

Kebun Raya Cibodas ini didirikan pada tahun 1852 yang awalnya hanya untuk perkebunan kina yang ternyata setelah masa proses kawasan ini tidak cocok untuk tumbuhan tersebut. Karena curah hujan sekitar 2.380m pertahun dengan suhu rata-rata 18 derajat celcius. Pada tahun 1852 itu pula bibit pohon kina tiba di Batavia yang di datangkan dari Belanda, tepatnya pada tanggal 11 April 1852. Itulah kenapa setiap tanggal 11 April, pengunjung dibebaskan untuk masuk alias gratis ke kawasan Kebun Raya Cibodas.

Dengan proses tersebut akhirnya Johannes Elias Teijsmann pendiri Cibodas Botanical Garden sekaligus seorang ahli Botani dari Belanda, menjadikan tempat ini sebagai lahan untuk koleksi tumbuhan dataran tinggi basah tropika.

Kebun Raya Cibodas memiliki 5.831 tanaman dan terdiri dari 1.206 jenis, diantaranya adalah pepohonan tua maupun yang masih muda. Itulah kenapa Kebun Raya ini disebut juga sebagai Botanical Garden.

Pengunjung bisa melihat aneka ragam jenis kaktus, anggrek, dan tanaman langka di rumah kaca atau green house yang ada di Kebun Raya Cibodas ini. Ada kurang lebih 4000 tanaman, terdiri dari 350 jenis kaktus dan 360 jenis anggrek yang ada didalamnya.

Pengunjung juga dapat menikmati wisata lainnya yang masih di kawasan ini juga. Seperti: Air Terjun Cibodas, Galeri tanaman hias, Auracarua Avenue, Lanskap, Sungai, Kebun Pohon Sakura, Danau, Air Mancur, yang semuanya dikemas dengan konsep wisata alam taman hijau yang sejuk dan menyenangkan. Sangat cocok untuk tempat berkumpul komunitas, acara outing kantor, wisata keluarga, atau tempat romantis bersama pasangan.

Selain digunakan sebagai tempat wisata, Kebun Raya Cibodas juga banyak diminati oleh para Production House untuk melakukan kegiatan shooting, diantaranya shooting iklan, sinetron, video klip dan sebagainya. Untuk tarif izin kegiatan shooting Anda bisa langsung menghubungi kontak yang tertera dibawah.

Selain sebagai lokasi untuk kegiatan shooting, Kebun Raya Cibodas juga dipilih sebagai tempat untuk kegiatan pemotretan baik itu untuk komersial maupun non komersial. Selama ini Kebun Raya Cibodas banyak digunakan untuk pemotretan pre wedding karena banyak lokasi yang menarik untuk pemotretan tersebut. Untuk tarif izin kegiatan shooting Anda bisa langsung menghubungi kontak yang tertera dibawah.

Tentunya Anda harus berkunjung ke Kebun Raya Cibodas untuk menikmati langsung pemandangan yang ada disana, namun penulis mencoba untuk memberikan beberapa referensi foto yang bisa Anda lihat sebelum mengunjunginya.

Pintu Gerbang Kebun Raya Cibodas

Pintu masuk Kebun Raya Cibodas

Kebun Raya Cibodas

Kebun Raya Cibodas

Taman Indah Kebun Raya Cibodas

Taman Indah Kebun Raya Cibodas

Wisma dan Villa di kebun Raya Cibodas

Wisma dan Villa Di Kebun Raya Cibodas

Aneka bunga kebun Raya Cibodas

Aneka Bunga di Kebun Raya Cibodas

Jalan Kebun Raya Cibodas

Medan Jalan di Kebun Raya Cibodas

Indahnya Kebun Raya Cibodas

indahnya kebun raya cibodas

Air Terjun Cibodas - Kebun Raya Cibodas

air terjun Cibodas kebun raya cibodas

Sungai Kebun Raya Cibodas

sungai di kebun raya cibodas

Beragam varian bunga langka di kebun raya cibodas

Bunga langka di kebun raya cibodas

Taman Sakura Kebun Raya Cibodas

Taman sakura kebun raya cibodas

Akses Menuju Kebun Raya Cibodas

Jarak tempuh Kebun Raya Cibodas dari Jakarta kurang lebih sekitar 85 km melalui Jl. Tol Jagorawi diteruskan ke Jl. Raya Puncak menuju Cianjur hingga sampai di persimpangan Cimacan, kemudian masuk ke arah Kebun Raya Cibodas dan ikuti jalan kurang lebih berjarak 4 km lagi. Dengan perkiraan waktu sekitar 2 jam 50 menit di perjalanan dalam keadaan tidak macet. Usahakan berangkat pagi bahkan kalau bisa sehabis subuh sekitar jam 5, karena untuk menghindari macet dan buka tutup jalur.

Fasilitas:

Tempat Bermain Anak

Ruang Informasi Wana Wisata Cibodas

Lapangan Parkir Luas

Toilet Umum

Mushola

Pendopo

Shelter

Camping Ground

Teater Alam Terbuka

Perpustakaan Digital

Penjualan Tanaman

Rumah Kaca

Harga Tiket

Untuk tarif tiket masuk Kebun Raya Cibodas sebesar Rp 9.500,- per orang, Tiket kendaraan roda dua Rp 5.000,- per motor dan tiket kendaraan roda empat Rp 16.000,- per mobil. Semua tiket tersebut sudah termasuk asuransi jasa raharja putera. Untuk hari kerja, kendaraan roda dua dan roda empat dapat dibawa masuk keliling kebun raya hanya saja untuk tanggal merah kendaraan roda dua tidak bisa dipakai keliling masuk kebun raya. Harga tiket tersebut berlaku untuk hari kerja dan hari libur dan untuk wisatawan domestik maupun wisatawan asing harganya tetap sama.

Alamat

Jl. Kebun Raya Cibodas, Kelurahan Sindanglaya, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Indonesia.

Navigasi Google Maps

Kontak

UPT Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Cibodas - LIPI

PO. Box. 19 Sdl. Sindanglaya Cipanas Cianjur 43253

Telp. 0263-520448, 511385 Fax. 0263-512233

Jam Buka dan Waktu Operasional

Buka setiap hari senin hingga minggu, mulai pukul 8 pagi hingga pukul 5 sore.

Artikel Tag: kebun raya cibodas, cianjur, jawa barat, wisata alam, cibodas botanical garden

     
139