Wisata Bandung: Terminal Wisata Grafika Cikole Lembang Jawa Barat

Penulis:
Sabtu , 02:10 WIB
Wisata Bandung: Terminal Wisata Grafika Cikole Lembang Jawa Barat
Terminal Wisata Grafika Cikole

Wisata ini adalah salah satu penginapan di Lembang Bandung yang ada di Terminal Wisata Grafika Cikole. Wisata ini berada di atas bukit, di hamparan rumput yang terletak disela pepohonan pinus dengan udara sejuk dan terdapat di kaki gunung Tangkuban Perahu.

Terminal Wisata Grafika Cikole adalah kawasan wisata terpadu yang berada di kaki gunung Lembang yang menawarkan sensasi wisata alam yang sangat indah, wisata kuliner lezat dengan restorannya serta ditunjang dengan fasilitas Hotel yang sangat nyaman.

Tempat wisata yang berada di areal perbukitan seluas 9 hektar ini ada pada ketinggian 1.400 meter di atas permukaan air laut dan dikelilingi hutan pinus yang lebat, sehingga jelas memiliki suhu udara yang sangat sejuk yaitu 20 derajat celcius di siang hari,dan bisa berkisar 5 derajat celcius di malam hari.

Terminal Wisata Grafika Cikole ini memang memiliki daya tarik yang luar biasa bagi wisatawan domestik maupun mancanegara, terbukti kawasan wisata ini selalu dipadati wisatawan salah satunya untuk melakukan aktifitas outbound baik bersama keluarga sekolah maupun instansi.

Selain itu, di Terminal Wisata Grafika Cikole juga menyediakan beragam view menarik untuk event pre-wedding. Dengan beberapa pilihan view menarik mulai dari hutan pinus, area pondokan, goa, kebun strawberry, dan masih banyak yang lain.

Wisata Kuliner Terminal Wisata Grafika Cikole

Restoran Sunda Buana:

Restoran yang berada muka gerbang masuk Terminal Wisata Grafika Cikole Lembang ini, merupakan tempat yang diperuntukan bagi tamu wisata dengan rombongan minimal 20 orang, dengan kapasitas maksimal 200 orang. Dilengakapi dengan live music, mushola, enam belas tolilet serta lahan parkir yang mampu menampung 24 bus pariwisata. Restoran ini menyediakan menu makanan andalan soto bandung, karedok, sayur lodeh, nila bakar, pepes ikan nila, ikan nila bakar serta sayur asem. Pengunjung bisa menikmati menu kuliner itu secara parasmanan atau memakai box, dengan menu makan serta harga makanan yang bisa dinegosiasikan.

Restoran Sangkuriang:

Tempat yang eksklusif memiliki kapasitas 120 orang. Tempat makan ini sangat nyaman bagi wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Karena penyajian makanan secara buffet dan set table. Di rumah makan ini juga menyediakan kesenian tradisional seperti Angklung dan Tari Jaipong. Salah satu balkon Restoran Sangkuriang menghadap ke arah kawasan hutan pinus, serta dekorasi bangunan mengambil tema artistis khas Bali. Restoran ini mengandalkan menu unggulan Chinese Food dan SeaFood. Menjelang malam suasana yang eksotis dan romantis akan sangat terasa bagi pengunjung, temaram cahaya lampu lampion yang menyala akan membuat anda semakin betah di tempat ini.

Pendopo Hutan:

Merupakan tempat makan dengan bangunan di atas bukit alam terbuka. Tempat ini disediakan untuk pengunjung atau tamu pondok wisata dengan kapasitas 100 orang. Dengan menu makanan ala parasmanan, tamu wisata rombongan akan bisa menikmati suasana dan lezatnya menu makanan khas sunda. Di tempat ini juga di sediakan sound system, sehingga kegiatan rombongan seperti bernyanyi, pertemuan sampai latihan menari bisa dilakukan di sini.

Aula Bambu:

Tempat Makan ini mengambil model bangunan bergaya minimalis. Bangunan balai desa khas jawa barat ini memiliki furnitur kayu berupa meja kayu serta bangku kayu panjang. Disediakan bagi tamu atau rombongan wisatawan dengan kapasitas 600 orang. Restoran ini, menyediakan menu makanan secara parasmanan yang dapat dinegosiasikan dengan harga mulai Rp.12.500/orang untuk minimal pemesanan 20 orang.

Saung Lesehan:

Rumah makan pondok terbuka dengan model saung di pesawahan ini, diperuntukan bagi pengunjung yang datang secara perorangan maupun pengunjung keluarga. Memiliki 18 saung lesehan dengan berbagai ukuran. Untuk ukuran kecil kapasiatas 4 orang dan yang ukuran besar kapasitas 20 orang. Cukup nyaman untuk menikmati berbagai menu makanan khas parahyangan atau menu lain yang tersedia. Lokasi tempat saung-saungnya diapit oleh dua bukit tempat outbound dan Flying fox, dan di tempat wisata ini juga terdapat rumah pohon yang merupakan area bermain bagi anak-anak, serta fasilitas berupa toilet dan washtafel.

Penginapan di Terminal Wisata Grafika Cikole

Hotel Grafika Cikole:

Memiliki 8 buah kamar ekslusif, dengan harga yang sangat terjangkau, yaitu Rp.400.000/malam untuk weekday, sementara Rp.450.000/malam untuk weekend (belum termasuk Tax dan Service Charge). Dengan kapasitas tiap kamar 2 orang plus Tv, serta sudah termasuk sarapan pagi plus air minum mineral. Dengan fasilitas kamar mandi berupa shower air panas.

Pondok Wisata Alam:

Memiliki 3 buah tipe pondokan yang terbuat interior dan eksteriornya dari kayu,tempat penginapan pondok wisata alam posisinya berada di atas bukit kawasan Terminal Wisata Grafika Cikole dengan hamparan rumput serta berada di sela-sela pohon pinus yang menjulang tinggi. Dengan kapasitas 6 orang tiap pondokannya, kamar mandi yang bersih, kloset duduk dan shower berbentuk pancuran air panas di dalam kamar mandi. Harga untuk semua tipe sama Rp.800.000/malam (Belum termasuk tax dan service Charge)

Camping Ground:

Terminal Wisata Grafika Cikole Lembang menyediakan juga areal penginapan terbuka Camping Ground yang mampu menampung kapasitas 1000 orang lebih. Fasilitas sewa tenda dengan harga Rp.400.000/tenda dengan kapasitas 4 orang, plus kasur, 4 buah sleeping bag dan satu ikat kayu bakar.

Lokasi Grafika Cikole

Jika Anda dari arah Bandung, lokasi ini searah menuju ke Tangkuban Perahu. Sebelum sampai di Tangkuban Perahu Anda akan menjumpai hutan pinus di KM 8 Desa Cikole. Grafika Cikole Lembang berada di kawasan tersebut, tepatnya disebelah kiri sebelum masuk ke kawasan hutan pinus. Alamatnya di Jalan Tangkuban Perahu KM.8 Cikole Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

Fasilitas

1. Toko Souvenir

Di Terminal Wisata Grafika terdapat toko souvenir yang menjual aneka souvenir murah. Bagi keluarga atau kerabat anda di rumah, anda bisa membawakan mereka oleh-oleh sebagai buah tangan atau kenang-kenangan. Di toko souvenir ini tersedia aneka makanan oleh-oleh khas bandung, gantungan kunci, aneka kerajinan dari bambu, kaos khas bandung, souvenir keramik sampai souvenir wayang golek.

Aneka makanan kecil di toko souvenir ini dari kerupuk strawberry, dodol strawberry, keripik jamur, rengginang, opak ketan. Pada waktu tertentu, disini tersedia dodol blackberry yang hanya bisa anda dapatkan di Terminal Wisata Grafika Cikole.

2. Mushola

Bagi yang beragama islam Terminal Wisata Grafika Cikole menyediakan mushola untuk sholat.

3. Parkir Area

Parkir Area di Terminal Wisata Grafika Cikole terbilang cukup luas untuk kendaraan pribadi.

Untuk rombongan yang berencana melakukan outbound di Terminal Wisata Grafika Cikole  yang  menggunakan BUS tersedia area parkir luas dengan akses mudah. Letaknya sangat mudah karena berada di tepi jalan raya Tangkuban Perahu. Untuk area parkir BUS tersedia lahan parkir yang dapat menampung lebih dari 40 bus besar dan terpisah dengan area parkir untuk mobil-mobil pribadi.

4. Toilet

Anda dapat menemukan beberapa toilet saat berjalan di kawasan ini. Mungkin karena kawasannya yang luas dan cuaca yang relatif dingin, sehingga membuat penyedia tempat wisata membuat beberapa tempat toilet agar mudah didapat.

Kontak Terminal Wisata Grafika Cikole

Jln Raya Tangkuban Perahu km 8 Desa Cikole, Kecamatan Lembang. Kab. Bandung Barat, Propinsi Jawa Barat.

Telp. (022) 8278 2441

Fax. (022) 8278 05 05

PIN BB: 74D33BD2 / 2B5D6DBF

Mobile phone : 081 322 500 284 / 0817 426 244

Email : info@ grafikacikole.com



Artikel Tag: grafika cikole, wisata terminal grafika cikole, lembang, bandung

     
554