Wisata Surabaya: 28 Tempat Wisata di Kota Pahlawan Terbaru 2016

Penulis:
Kamis , 12:47 WIB
Wisata Surabaya: 28 Tempat Wisata di Kota Pahlawan Terbaru 2016
Ciputra Waterpark Surabaya

Surabaya merupakan sebuah kota yang banyak memiliki tempat wisata menarik untuk dikunjungi. Mulai dari wisata tempat-tempat sejarah jaman kolonial belanda, wisata alam, hingga wisata anak dan keluarga ada semua di kota ini.

Kota yang memiliki julukan Kota Pahlawan ini menyimpan banyak tempat sejarah pada masa penjajahan kolonial belanda.

Berikut 28 Tempat Wisata di Surabaya yang bisa jadi referensi Anda untuk liburan di akhir pekan:

1. Monumen Pahlawan Surabaya

Monumen Pahlawan atau Tugu Pahlawan ini merupakan salah satu bangunan bersejarah kebanggaan kota Surabaya. Tempat ini bisa menjadi wisata yang menarik yang dapat dikunjungi bersama keluarga, karena terdapat Museum 10 November yang menyimpan benda bersejarah bangsa Indonesia didalam kawasan ini.


2. Patung Budha Empat Wajah Surabaya

Jika Anda pernah ke Thailand dan mengunjungi patung Budha disana, pasti Anda akan menemukan kemiripan dengan Patung Budha Empat Wajah di Kota Surabaya ini. Tangannya berjumlah delapan dan memiliki 4 muka. Patung Budha ini terlihat besar sehingga mudah ditemukan di dekat Kelenteng Sanggar Agung. Patung Budha ini berada di kawasan Pantai Ria Kenjeran, kurang lebih sekitar 9 kilometer dari kota Surabaya.

Patung Budha yang berwarna emas ini tingginya mencapai 36 meter, dan telah diresmikan pada bulan November 2004 lalu.

Patung Budha dengan Empat Wajah ini merupakan gambaran dari sifat kebaikan Sang Budha itu sendiri. Antara lain murah hati, pengasih, adil, dan meditasi. Dan delapan tangannya menggambarkan kekuatan dari Sang Budha.

3. Jembatan Merah Surabaya

Dahulu, Jembatan Merah Surabaya dibentuk atas kesepakatan Pakubowono II dari Mataram dengan VOC sejak 11 November 1743. Dalam perjanjian itu disebutkan bahwa beberapa daerah pantai utara diserahkan ke VOC, termasuk Surabaya yang berada di bawah kolonialisme Belanda.

Sejak saat itu, daerah Jembatan Merah menjadi kawasan komersial dan menjadi satu-satunya jalan yang menghubungkan Kalimas dan Gedung Residensi Surabaya. Yang berarti, Jembatan Merah menjadi fasilitator yang sangat penting pada era itu.

Jembatan Merah berubah secara fisik sekitar tahun 1890an, ketika pagar pembatas diubah dari kayu menjadi besi. Saat ini, kondisi jembatan yang menghubungkan jalan Rajawali dan Kembang Jepun di sisi utara Surabaya ini hampir sama seperti jembatan lainnya, dengan warna merah tertentu.


4. Monumen Kapal Selam Surabaya

Monumen Kapal Selam atau yang di singkat Monkasel merupakan sebuah monumen kapal selam terbesar di Asia yang berada di sisi sungai Kalimas, Surabaya. Tepatnya berada di Jl. Pemuda No.39, Embong Kaliasin, Genteng, Kota SBY, Jawa Timur 60271.

Jenis kapal selam yang di tempatkan disini adalah KRI Pasopati 410, termasuk tipe SS Whiskey Class, dibuat di Vladi Wostok Rusia pada tahun 1952. Kapal Selam ini berpartisipasi di Angkatan Laut sejak tanggal 29 Januari 1962, tugas utama adalah untuk menghancurkan garis musuh (anti-shipping), pengawasan dan melakukan penggerebekan secara diam-diam.

KRI Pasopati 410 telah mengambil peran besar untuk mempertahankan hukum kelautan, seperti Operasi Trikora, KRI Pasopati 410 turun ke belakang garis musuh, memberi penindasan secara psikologis.

Didekat monumen ini terdapat arena skateboard yang berada di jl. Ketabang Kali tepatnya dibelakang Delta Plaza. Dimana di arena ini juga terdapat Patung Sura dan Baya yang mirip seperti di depan taman satwa kebun binatang surabaya, tapi tidak sama dengan Patung Surabaya yang ada di jalan Moh Natsir.

5. Citra Raya Surabaya

Citra Raya merupakan salah satu proyek terbesar yang dibangun oleh perusahaan properti ternama Ciputra Group.

Citra Raya merupakan proyek yang sedikit banyaknya meniru Singapura. Yaitu berfokus pada kota yang bersih, hijau dan modern. Itulah yang mejadikan Citra Raya sebagai salah satu perumahan terbaik di Indonesia, khususnya Surabaya.

Hal inilah yang kemudian menjadikan Citra Raya sebagai salah satu tempat wisata di Surabaya untuk sekedar berfoto selfie atau jalan-jalan melihat bangunan-bangunan indah.

6. Museum WR. Soepratman Surabaya
7. Kelenteng Hong Tiek Hian Surabaya
8. Jembatan Suramadu Surabaya
9. Rumah Batik Surabaya
10. Monumen Bambu Runcing Surabaya
11. Ciputra Waterpark Surabaya
12. Kebun Binatang Surabaya
13. Wisata Hutan Mangrove Wonorejo di Surabaya
14. Pantai Kenjeran Surabaya
15. Pasar Bunga Bratang Surabaya
16. Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya
17. Gereja Perawan Maria Tak Berdosa Surabaya
18. Taman Bungkul Surabaya
19. Taman Apsari Surabaya
20. Taman Dr. Soetomo (Taman Persahabatan) Surabaya
21. Taman Mayangkara Surabaya
22. Taman Pelangi Surabaya
23. Taman Mundu Surabaya
24. Taman Buah Undaan Surabaya
25. Taman Prestasi Surabaya
26. House of Sampoerna Surabaya
27. Carnival Pasar Malam Surabaya
28. Masjid Cheng Ho
Terlepas dari fungsinya sebagai fasilitas keagamaan bagi Muslim, Cheng Ho masjid juga

berfungsi sebagai monumen bersejarah bagi Cina muslim di Surabaya. Tempat ini terletak di

Jalan Gading, dan dibangun dengan arsitektur khas budaya Cina.

Artikel Tag: citra raya, museum wr, soepratman, kelenteng hong tiek hian, jembatan suramadu, rumah batik, monumen bambu runcing, ciputra waterpark, kebun binatang surabaya

     
192