Wisata Bandung: Maribaya Natural Hotspring Resort Lembang Semakin Cantik

Penulis:
Kamis , 20:23 WIB
Wisata Bandung: Maribaya Natural Hotspring Resort Lembang Semakin Cantik
Food Court Langlang Buana. Foto: maribaya-resort.com

Taman Wisata Maribaya Bandung mengalami renovasi, yang semula dikenal kotor dan identik suka dipakai untuk pacaran, kini mengalami perubahan drastis menjadi lebih cantik. Setelah cukup lama direnovasi dan berganti managemen, Kawasan Wisata Bandung ini berubah nama menjadi Maribaya Resort Bandung. Dengan perubahan yang cantik dan sangat menarik kawasan wisata di Lembang Bandung ini wajib Anda kunjungi.

Taman Wisata Maribaya Bandung yang ada di lembang ini sudah lama orang tahu, bahkan dari jaman orang tua kita masih muda. Tempat ini menjadi salah satu tempat nostalgia di Bandung yang merupakan tujuan jalan-jalan favorit orang tua dulu. Banyak spot menarik yang bisa dinikmati, seperti: air terjun, berendam air panas, dan menikmati hutan hijau karena kebetulan letaknya bersebelahan dengan Taman Hutan Raya Juanda.

foto: destinasibandung.co.id

Setelah area ini di renovasi lumayan lama, akhirnya kembali dibuka sekitar bulan Juli 2015, tentunya dengan konsep yang lebih fresh. Saat ini Wisata Maribaya Lembang Bandung bernama Maribaya Resort, atau Maribaya Natural Hot Spring Resort.

Alamat Taman Wisata Maribaya Bandung

Alamat dari Maribaya Resort berada di Kampung Cikondang, Desa Lamajang, Kec. Pangalengan, Bandung Barat 40391, Jawa Barat, Indonesia. No telp: 022-82782228 / 81293735423 / 082214153019. Letaknya berada sekitar 6 KM dari pasar Lembang, atau sekitar 14 KM dari pusat kota. Sekalipun letaknya tidak jauh dari kota, tapi suasananya cukup berbeda, hijau, dan segar.

Akses Jalan ke Taman Wisata Maribaya Bandung

Beberapa alternatif jalur ke Taman Wisata Maribaya Resort yang bisa pengunjung gunakan antara lain:

Dari Arah Dago:

1. Melalui Jalan Dago - Jalan Setiabudi (UPI/Ledeng) - Lembang - Maribaya. Jalannya bagus dan lebar, namun jalur ini sedikit memutar dan lebih jauh.

2. Melalui Jalan Dago - Dago Atas - setelah terminal Dago belok kiri di pertigaan lalu ke arah Dago Giri - Lembang - Maribaya. Medan jalan cukup bagus namun kecil. Hati-hati ketika menggunakan jalur ini, karena banyak tanjakan tajam dan jalan yang sempit, gunakanlah kendaraan yang sehat kondisinya.

3. Melalui Jalan Dago - Ciumbuleuit - Punclut - Lembang - Maribaya. Melewati jalan Punclut yang jalannya agak sempit, beberapa ditemukan lubang dan kerusakan jalan serta banyak tanjakan panjang.

4. Rute alternatif Dago - Taman Hutan Raya Juanda - Hiking melewati hutan raya juanda ke Maribaya. Jalannya relatif bagus, dan jalur hikingnya aman. Selama diperjalanan Anda akan merasakan keindahan Taman Hutan Raya Juanda.

Anda dapat menggunakan google map berikut ini sebagai navigasi perjalanan menuju Taman Wisata Maribaya / Maribaya Resort

Harga Tiket Masuk Maribaya Lembang Bandung

Harga tiket masuk Maribaya Lembang Bandung adalah Rp 35.000/orang, dan belum termasuk sarana-sarana di dalamnya. Sedangkan, tiket parkir dikenakan tarif Rp 5.000,- per motor, Rp 10.000,- per mobil, dan Rp 25.000,- per bus.

Penginapan Terdekat Dengan Maribaya Lembang Bandung

1. Kastuba Resort Lembang

2. Hotel Villa Venetys

3. Hotel Resort Nur Alam

4. Villa Teratai Lembang

5. New Bukit Kasih (Bukit Kasih Villa and Hotel)

6. The Radiant Villas & Function Halls

Didalam Kawasan Wisata Maribaya Lembang Bandung ini terdapat beberapa area utama yang bisa Anda kunjungi bersama keluarga dan anak-anak. Tata ruang yang bagus dan lokasi yang tepat membuat pemandangannya terlihat asri. Antara lain:

Air terjun Maribaya

Foto: sebandung.com

Kawasan ini dilalui oleh dua buah sungai yang mengalir, yaitu sungai Cigulung dan Cikawari. Di lokasi ini terdapat 3 air terjun, diantaranya:

1. Curug Cikawari

2. Curug Cigulung

3. Curug Cikoleang.

Sky Bridge Tapak Halimun

Sky Bridge Tapak Halimun bisa menjadi spot foto selfie yang menarik. Perpaduan alam, kayu dan jembatan sangat terlihat indah disini.

Tempat Bermain Anak

Tak lengkap rasanya jika kawasan wisata tidak memiliki tempat untuk bermain anak. Kawasan Wisata Maribaya Natural Hot Spring Resort menyediakan area bermain anak yang cukup luas.

Ampitheatre Bale Pinton

Area ini sangat cocok untuk dipakai acara besar, seperti pernikahan, family outing, gathering perusahaan, dan lain sebagainya. Tempat ini Bisa menampung hingga 200 orang.

Kolam Rendam Air Panas

Kolam rendam air panas alami disini memiliki kandungan belerang yang cukup tinggi. Ada juga yang menggunakannya untuk pengobatan. Ada beberapa jenis kolam rendam air panas yang disediakan, antara lain:

1. Deluxe Pool. Harga tiket masuknya Rp 75.000/orang

2. VIP Pool. Harga tiket masuknya Rp 150.000/orang, termasuk handuk, bandrek, dan ikan bakar.

3. Foot Spa/kolam rendam kaki. Tiket masuknya Rp 30.000/orang

4. Kamar berendam private Tirta Raga. Harga promosi Rp.90.000/orang

Kolam Talaga Giri

Merupakan kolam pancing dan tangkap ikan. Kita bisa mengajak anak-anak untuk bermain disini, tarifnya antara lain:

1. Kolam pancing: Rp 20.000/30 menit

2. Kolam tangkap ikan: Rp 15.000/15 menit.

Tempat Makan

Ada beberapa area yang bisa anda gunakan untuk beristirahat sambil menikmati makanan, ataupun sekedar ngemil mengisi perut.

1. Twig Cafe

Terletak persis di pinggir curug Cigulung. Disini anda bisa mengisi perut sambil menikmati suara dan pemandangan air terjun cigulung. Tempatnya cukup bagus.

2. Food Court Langlang Buana

Berada dibagian depan, diluar gerbang kompleks. Disini terdapat berbagai makanan dan minuman yang bisa anda nikmati. Jika hanya ingin menikmati makanan disini, anda tidak perlu masuk/membeli tiket masuk lokasi.

Area Parkir Kendaraan

Terdapat dua area parkir yang cukup luas. Jika rombongan dengan Bis, bisa parkir di area parkir seberang dan pengunjung bisa dijemput dengan mobil khusus ke lokasi.

Tempat Ibadah / Mushola

Mushala yang cukup bagus.

Toilet

Toliet cukup banyak tersedia. Toilet didalam lokasi gratis untuk digunakan. Sedangkan toilet diluar gerbang harus bayar Rp 2000.

Artikel Tag: maribaya, lembang, bandung, jawa barat

     
604