Taman Nasional Way Kambas Lampung Sumatera

Penulis:
Senin , 20:33 WIB
Taman Nasional Way Kambas Lampung Sumatera
Taman Nasional Way Kambas

Letak dari Taman Nasional Way Kambas berada di Way Kanan, Lampung, Sumatra, Indonesia. Dimana Kota terdekat dari sini adalah Bandar Lampung, yang berada di Koordinat 4'55 Lintang Utara, 105'55 Bujur Timur / 4,917' Lintang Selatan, 105,75' Bujur Tmur. Dengan luas mencapai 1.300 km2.

Taman Nasional Way Kambas ini didirikan pada tahun 1989. Dengan total pengunjung pada tahun 2007 mencapai 2.553.

Pengololaan taman nasional ini berada di Kementerian Perhutanan.

Taman Nasional Way Kambas adalah taman nasional perlindungan gajah yang terletak di daerah Lampung tepatnya di Kecamatan Labuhan Ratu, Lampung Timur, Indonesia.

Selain di Way Kambas, sekolah gajah (Pusat Latihan Gajah) juga bisa ditemui di Minas, Riau. Gajah Sumatera (Elephas maximus sumatranus) yang hidup di kawasan ini semakin berkurang jumlahnya.

Taman Nasional Way Kambas berdiri pada tahun 1985 merupakan sekolah gajah pertama di Indonesia. Dengan nama awal Pusat Latihan Gajah (PLG) namun semenjak beberapa tahun terakhir ini namanya berubah menjadi Pusat Konservasi Gajah (PKG) yang diharapkan mampu menjadi pusat konservasi gajah dalam penjinakan, pelatihan, perkembangbiakan dan konservasi.

Hingga sekarang PKG ini telah melatih sekitar 300 ekor gajah yang sudah disebar ke seluruh penjuru Tanah Air.

Di Way Kambas juga terdapat International Rhino Foundation yang bertugas menjaga spesies badak agar tidak terancam punah.

Harga Tiket Masuk Taman Nasional Way Kambas

Harga tiket masuk ke Taman Nasional Way Kambassebesar 20.000 perorang, dimana Anda akan melihat pusat Konservasi Gajah. Dan Anda juga bisa mengunjungi Way Kanan Resort, dimana di dalamnya terdapat penangkaran Badak Sumatera yang di lindungi, namun untuk masuk ke penangkaran Badak Sumatera ini Anda wajib meminta SIMAKSI atau surat izin masuk. Dan SIMAKSI ini dikenakan biaya 30.000 perorang.

Untuk informasi lebih lengkap anda bisa menghubungi Bapak Slamet Riyadi, beliau adalah seorang ranger dan penjaga pintu masuk Taman Nasional Way Kambas di nomor hp. 085377805517.

Artikel Tag: way kambas, taman nasional, lampung

     
333