Wisata Bogor: Pemandian Air Panas Ciparay Gunung Salak Endah

Penulis:
Minggu , 20:58 WIB
Wisata Bogor: Pemandian Air Panas Ciparay Gunung Salak Endah
Pemandian Air Panas Ciparay Gunung Salak Endah

Kota Bogor yang banyak memiliki potensi wisata alam selalu menjadi destinasi wisata bagi para pelancong dari luar daerah seperti dari Jakarta, Bekasi, Depok, Tangerang, dan daerah lainnya di Pulau Jawa.

Lokasi kota Bogor yang memiliki banyak daerah pegunungan, memiliki banyak wisata alam yang asri dan sejuk. Jika liburan minggu ini Anda berencana untuk mencari pemandian air panas di Kota Bogor, pemandian Air Panas Ciparay di Gunung Salak Endah bisa jadi referensi.

Pemandian Air Panas Ciparay Gunung Salak Endah merupakan pemandian air panas alami yang berada di Kampung Ciparay, Desa Gunung Sari, Kecamatan Pamijahan Kabupaten Bogor. Lokasi dari pada pemandian Air Panas Ciparay Gunung Salak Endah ini berjarak kurang lebih 5 Km dari pintu gerbang kawasan Gunung Salak Endah dan menjadi salah satu alternatif wisata alam di Bogor bagi Anda yang bosan ke arah puncak. Untuk menuju lokasi wisata pemandian Air Panas Ciparay Gunung Salak Endah cukup mudah karena banyak petunjuk jalan yang mengarah kesana.

Anda akan menempuh perjalanan yang cukup melelahkan untuk mencapai lokasi wisata pemandian Air Panas Ciparay Gunung Salak Endah ini. Belum lagi setelah sampai di pintu masuk, pengunjung juga harus berjalan kaki melewati anak tangga namun pemandangan disekitar dijamin akan menghilangkan rasa lelah Anda, dengan di kelilingi pepohonan yang rimbun dan pemandangan aliran sungai Cikuluwung dengan bebatuan besar dan aliran air yang cukup jernih. Ada juga saung bambu yang bisa dijadikan tempat duduk untuk sambil menikmati suasana alam yang asri dan menyejukkan di wisata pemandian air panas Ciparay ini.

Di wisata pemandian Air Panas Ciparay Gunung Salak Endah ini kita bisa menikmati aliran air panas yang keluar dari pancuran bambu di alam terbuka yang hijau dan asri, sehingga akan memberikan pengalaman tersendiri bagi para wisatawan karena serasa mandi di pancuran pedesaan yang asri. Bagi yang ingin berendam, di wisata ini juga disediakan kolam berendam tentunya dengan air panas alami sehingga anda bisa bersantai dan berendam berlama-lama menikmati air panas dan udara sejuk di wisata ini.

Berendam di dalam air panas dan menikmati suasana alam pegunungan yang hijau dan asri memberikan kesegaran dan kepuasan bagi setiap pengunjung disini. Dengan berendam air panas alami, akan membuat tubuh menjadi segar dan bugar kembali setelah seminggu bekerja. Udara yang sejuk dan menyegarkan serta pemandangan yang hijau nan asri membuat suasana damai dan tenang. Sangat cocok untuk dijadikan tujuan wisata Anda di akhir pekan untuk refresing atau merelaksasikan tubuh dari kepenatan dan stress.

Akomodasi dan Harga Tiket Masuk Pemandian Air Panas Ciparay

- Harga Tiket Masuk Gerbang Kawasan Gunung Salak Endah: Rp 10.000 untuk motor dan Rp 30.000 untuk mobil

- Harga Sewa Kolam Rendam: Rp 3.000

- Harga Tiket Masuk Pemandian Air Panas Ciparay: Rp 4.000

- Harga Sewa Saung terbuka: Rp 30.000

- Harga Sewa Saung tertutup: Rp 50.000

- Harga Sewa Penginapan antara Rp 100.000 s/d Rp 300.000 tergantung fasilitas.

Banyak terdapat warung yang menjual berbagai macam menu makanan, dari mulai makanan ringan hingga makanan berat. Seperti: mie rebus, bakso, makanan khas sunda dan lain sebagainya. Jadi jika Anda akan berkunjung ke tempat wisata ini, tidak perlu repot-repot membawa bekal atau khawatir tidak ada makanan. Adapula yang menjual minuman yang bisa Anda beli disini seperti teh manis, kopi, dan juga minuman kemasan lainnya. Harga minuman dan makanan yang ada disini cukup murah dan terjangkau.

Akses Jalan dan Transportasi

Untuk menuju lokasi wisata pemandian Air Panas Ciparay Gunung Salak Endah, jika dari arah Kota Bogor ambil jalan menuju ke arah timur menuju Jasinga, dan letaknya kurang lebih 5 km dari kawasan Gunung Salak Endah. Untuk menuju lokasi wisata pemandian Air Panas Ciparay Gunung Salak Endah bisa diakses dengan transportasi umum dan juga pribadi, namun akan lebih mudah jika menggunakan kendaraan pribadi. Karena jika menggunakan trasnposrtasi umum Anda akan berganti-ganti jurusan angkot yang akan membutuhkan waktu yang lebih lama. Namun jika menggunakan kendaraan pribadi pastinya akan lebih cepat dan lebih mudah karena cukup banyak petunjuk jalan yang akan memudahkan para pengunjung menuju lokasi ini.

Jika Anda ingin menggunakan transportasi umum, dari terminal Bogor naik angkot no. 03 (warna merah), turun di terminal Bubulak. Dari sini naik angkot lagi yang jurusan ke Jasinga, turun di pertigaan Cibatok, Ciampea. Perjalanan kemudian diteruskan dengan naik angkot jurusan Pamijahan (Gunung Salak Endah). Dari kawasan Gunung Salak Endah biasanya angkutan hanya sampai disini dan untuk menuju pemandian air panas harus dilanjutkan dengan perjalanan menggunakan transportasi ojek untuk sampai di lokasi wisata.

Tips Berwisata di pemandian Air Panas Ciparay Gunung Salak Endah

Bagi para pengunjung yang hendak datang ke wisata pemandian Air Panas Ciparay Gunung Salak Endah haruslah mempersiapkan segala kebutuhan untuk keamanan dan keselamatan dalam berwisata. Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda siapkan sebelum berangkat ke lokasi wisata pemandian Air Panas Ciparay Gunung Salak Endah.

- Pastikan kendaraan dalam kondisi prima, karena akses menuju lokasi wisata akan melalui medan tanjakan dan turunan curam, serta berkelok-kelok.

- Jika ingin lebih ringkas dan tidak ingin ribet dijalan dengan angkutan umum, Anda bisa menyewa mobil (rental mobil) agar mempermudah perjalanan.

- Selalu waspada dan berhati-hati dengan barang bawaan Anda, simpan dan jaga selalu barang-barang Anda dengan aman.

- Selalu ikuti dan patuhi peraturan dan juga anjuran yang sudah ditetapkan oleh pihak pengelola dan utamakan selalu keamanan dan keselamatan.

- Waspada selalu ketika mandi atau bermain di area sungai, hindari turun ke sungai jika cuaca hujan atau mendung untuk menghindari banjir yang bisa datang sewaktu-waktu.

- Jangan membuang sampah sembarangan, buanglah sampah pada tempatnya.

Alamat

Kampung Ciparay, Desa Gunung Sari, Pamijahan, Bogor, Jawa Barat

Navigasi Google Maps

Artikel Tag: air panas ciparay, gunung salak endah, kolam rendam air panas di bogor, bogor, jawa barat

     
831