Pemandangan Alam Swiss Yang Mempesona di Dataran Eropa

Penulis:
Jum'at , 09:27 WIB
Pemandangan Alam Swiss Yang Mempesona di Dataran Eropa
Matterhorn, Switzerland. Photo taken from Gornergrat

Swiss atau Switzerland adalah republik federasi yang berada di Eropa Tengah. Luasnya relatif kecil hanya 421,285 kilometer persegi dan berpenduduk 7,5 juta jiwa. Negara beribu kota Bern itu terdiri dari 26 negara bagian yang disebut Ă¢€ CantonĂ¢€ . Secara geografis, Swiss dibatasi oleh Jerman, Prancis, Italia, Austria dan Lienchtenstein. negara switzerland.

Tak heran jika negara itu memiliki empat bahasa resmi, yakni; Jerman, Prancis, Italia dan Romansh. Sebanyak 75 persen penduduk Swiss berbahasa Jerman, 20 persen berbicara bahasa Prancis, 4,0 persen berbahasa Italia, dan sisanya berbicara dalam berbagai bahasa.

Swiss dikenal sebagai negara yang netral, karena tidak pernah terlibat perang dengan pemerintah asing sejak tahun 1815.  Maka tak heran Swiss menjadi basis atau tuan rumah berbagai organisasi besar di dunia. Seperti Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA), serta kantor-kantor organisasi sayap Perserikatan Bangsa-Bangsa, meski markas besarnya berada di Newyork, Amerika Serikat.

Swiss adalah negeri yang sangat cantik. Bahkan Ramadhan KH, punjangga besar pernah menulis, “Tuhan pasti tersenyum ketika Ia menciptakan Swiss”. Swiss sebagian besar wilayahnya terdiri dari pegunungan Alpen. Merupakan gunung-gunung tinggi yang menyeberangi daerah selatan-tengah negeri itu.

Gunung paling terkenal adalah Matterhorn (4,478 m) termasuk dalam pegunungan Alpen Valais dan Pennine di perbatasan Italia. Sedangkan puncak yang tertinggi adalah Dufourspitze (tingginya 4,634 m), di daerah ini ditemukan banyak lembah, air terjun dan glasier. Dan bagian dari Alpen Bernese di atas glasier Lauterbrunnen yang terdiri dari 72 air terjun dikenal dengan Jungfrau (4,158 m).

Sementara di bagian utara lebih banyak ditemukan lanskap terbuka dengan bukit-bukit, setengah hutan, dan sebagian berpadang rumput terbuka. Biasanya dipenuhi dengan  ternak atau ditanami sayuran dan buah-buahan. Meskipun begitu tetap disebut pegunungan. Beberapa danau besar dan kota-kota terbesar Swiss ada di wilayah ini. Pada tahun 2006 dan 2007, Zurich - kota terbesar di Swiss - dinobatkan sebagai kota yang memiliki kualitas hidup terbaik di dunia.

Swiss adalah negara dengan banyak pemandangan alam yang indah untuk Anda eksplor, ketika musim dingin salju - salju tipis menutup wilayah di swiss menjadikannya indah untuk dinikmati.

Artikel Tag: switzerland, swiss, eropa

     
178