Wisata Indonesia: Objek Cagar Budaya Cilacap di Inventarisasi Pemerintah Kota

Penulis:
Selasa , 16:45 WIB
Wisata Indonesia: Objek Cagar Budaya Cilacap di Inventarisasi Pemerintah Kota
Objek wisata Benteng Pendem Cilacap

Untuk dapat ditetapkan sebagai benda cagar budaya, sebuah benda harus memiliki sejumlah kriteria, antara lain berusia 50 tahun atau lebih, mewakili masa gaya paling singkat berusia 50 tahun, dan memiliki arti khusus bagi sejarah.

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Cilacap, saat ini tengah menginventarisasi benda cagar budaya di Cilacap. Inventarisasi dilakukan, agar benda maupun bangunan yang diduga sebagai cagar budaya dapat terjaga kelestariannya.

Kepala Disparbud Cilacap, Murniyah, Selasa (13/9) menjelaskan, saat ini pihaknya telah berhasil mendata sekitar 101 obyek cagar budaya. Bentuknya beragam, mulai dari bangunan, makam, hingga prasarana transportasi seperti stasiun.

Meski telah diusulkan kepada pemerintah pusat, namun sejauh ini baru enam cagar budaya yang telah masuk dalam registrasi nasional. Yakni Kantor Disparbud Cilacap, Komplek Pemakaman Kristen Kerkhoff, Makam Hong Bangkong Suralaka, lonceng kuno, pintu gerbang Kantor Bupati Cilacap,dan tempat tidur Bupati I. 

Sedangkan benda cagar budaya lain, saat ini masuh dikaji oleh tim ahli budaya, sebelum didaftarkan ke pemerintah pusat, dan mendapatkan SK cagar budaya. Murniyah menjelaskan, tim ahli budaya ini sengaja dibentuk di Kabupaten Cilacap, dan telah mendapatkan SK Bupati. Tugasnya tidak lain, yakni untuk melakukan inventarisasi dan verivikasi terhadap benda-benda yang diduga cagar budaya.

Untuk dapat ditetapkan sebagai benda cagar budaya, sebuah benda harus memiliki sejumlah kriteria, antara lain berusia 50 tahun atau lebih, mewakili masa gaya paling singkat berusia 50 tahun, dan memiliki arti khusus bagi sejarah. Selain itu, benda cagar budaya dapat menjadi sumber ilmu pengetahuan, pendidikan, agama dan kebudayaan, serta memiliki nilai budaya bagi penguatan kepribadian bangsa.

Sumber: cilacapkab.go.id

Artikel Tag: cagar budaya, cilacap, dinas pariwisata

     
146
 
News Lainnya