Wisata Garut: Makan dan Tidur di Sawah, hanya di Mulih Ka Desa Samarang Garut

Penulis:
Rabu , 22:42 WIB
Wisata Garut: Makan dan Tidur di Sawah, hanya di Mulih Ka Desa Samarang Garut
Resort Mulih Ka Desa Samarang Garut

Mulih Ka Desa - Kota Garut merupakan salah satu kota yang mempunyai destinasi wisata yang banyak disinggahi wisatawan di waktu week end ataupun liburan. Kota yang tidak hanya di kenal dengan dodol garutnya ini juga terkenal dengan pemandian air panasnya yang tersebar dibanyak tempat dan juga udaranya yang sangat sejuk.

Penulis akan mencoba untuk mereview Fasilitas dan Pelayanan yang ada di Mulih Ka Desa, semoga bermanfaat bagi Anda sebagai referensi untuk berlibur di kota Garut.

mulih ka desa garut 1

Berada di Jl. Raya Samarang - Kamojang Garut, Mulih Ka Desa hadir memberikan pelayanan unik dan menarik bagi pengunjung yang ingin menghabiskan waktu beristirahat di tengah sawah yang dibuat secara alami. Anda bisa menikmati sensasi tidur di dalam rumah yang halamannya terdapat hamparan sawah.

Pemandangan sawah di Mulih Ka Desa

Ketika Anda membuka jendela dari kasur tempat tidur, hal yang pertama kali Anda lihat adalah padi. Ketika penulis bermalam di Mulih Ka Desa padinya mulai menguning. Jangan sampai Anda ketinggalan kamera ketika ingin mengunjungi atau bermalam di tempat ini, ada banyak spot menarik untuk Anda berselfie bersama keluarga dan pasangan.

Pemandangan dari jendela kamar mulih ka desa

Fasilitas Tamu

Semua kamar yang ada di Mulih Ka Desa rata-rata dibuat dengan konsep rumah panggung, salah satu khas rumah adat Jawa Barat.

1. Kasur ukuran besar

Kasur ukuran besar di kamar Mulih Ka Desa

Yang cukup mengesankan di dalam kamar sewaktu menginap disana adalah ukuran tempat tidurnya yang lebar, cukup untuk tidur 2 orang dewasa dan 2 anak kecil.

2. Welcome Drink

 

Tersedia air mineral 2 botol, kopi, gula dan teh berikut pemanas airnya.

3. Televisi

Tv di kamar Mulih Ka Desa

Satu hal yang kurang di kamar ini, televisi yang disediakan masih jenis tabung dan antena tv (antena dalam) yang perlu di arahkan untuk menghasilkan gambar yang jernih. Namun kekurangan ini tidak membuat liburan di Mulih Ka Desa jadi berkurang, karena pastinya pengunjung datang kesini bukan untuk nonton tv.

4. Water heater di Kamar Mandi

Shower dikamar mandi Mulih Ka Desa

Tersedia shower yang mengeluarkan air panas dan dingin. Tapi percayalah, Anda tidak akan menggunakan air dingin karena cuaca disini sudah sangat sejuk dan cenderung dingin.

Kloset duduk dikamar mandi mulih ka desa

Wastafel dikamar mandi mulih ka desa

Kamar mandi juga dilengkapi dengan kloset duduk, wastafel dengan cermin yang sangat besar, 2 buah handuk, sabun, shampo, pasta gigi, sikat gigi, sisir, serta sandal jepit.

5. Tempat pembakaran

Temoat untuk bakar-bakar di tiap kamar mulih ka desa

Disediakan tempat disetiap kamar untuk bakar jagung, ikan, ayam atau lainnya di tempat pembakaran yang di sediakan di samping kamar. Selain itu pembakaran ini juga bisa digunakan sebagai penghangat di kala malam hari karena cuaca yang cukup dingin.

6. Wifi

Tersedia wifi yang dapat di jangkau semua kamar.

7. Telepon

Tersedia telpon yang apat digunakan untuk menghubungi resepsionis untuk memesan menu atau berbagai bantuan kebutuhan pengunjung di kamar.

8. Cemilan Malam

Menjelang malam Anda akan kedatangan seorang pelayan yang mengantarkan hidangan berupa kacang rebus, pisang rebus, dan ubi rebus serta minuman bajigur penghangat. Makanan khas desa yang sangat pas dinikmati bersama suasananya. Makanan dan minuman tersebut gratis sebagai salah satu pelayanan Mulih Ka Desa terhadap tamu.

9. Sarapan Pagi

Sarapan pagi di mulih ka desa

Minuman hangat sarapan pagi di mulih ka desa

Menu makanan saat sarapan pagi di Mulih Ka Desa cukup bervariasi, ada roti bakar dengan berbagai jenis selai, nasi goreng, ayam goreng, bubur ayam, mie goreng, dan minuman hangat seperti kopi dan teh serta minuman dingin seperti orange juice.

Fasilitas Umum

Selain sebuah resort, Mulih Ka Desa merupakan resto yang menyediakan sajian menu masakan khas Jawa Barat. Pengunjung yang datang tidak hanya untuk menginap, tapi bisa saja mereka datang untuk sekedar makan bersama teman ataupun keluarga.

1. Resto di atas kolam ikan

Resto di atas kolam ikan di mulih ka desa

Sebuah saung lesehan di atas kolam yang terdapat teratai dan ikan gurame dan ikan mas yang lalu lalang, dapat Anda singgahi di Resto Mulih Ka Desa.

Hidangan masakan di mulih ka desa

Masakan disini dijamin hangat lezat dan membuat Anda makan tidak sedikit. Jangan lupa untuk mencicipi tumis genjer dan ikan mas goreng yang dipadukan dengan nasi liwet, pasti 1 porsi nasi takkan cukup karena kelezatannya.

2. Taman Bermain Anak

Fasilitas ini masih terbilang sederhana jika dibanding dengan tempat hiburan anak yang lain, namun setidaknya anak-anak punya tempat bermain saat liburan mereka di tengah suasana dingin di Mulih Ka Desa, karena aktivitas bermain bisa membuat anak tidak lantas diam dalam keadaan dingin.

3. Mushola

Bagi yang beragama islam, terdapat mushola umum yang dapat digunakan saat panggilan sholat tiba.

4. Lapangan

Lapangan dengan pemandangan gunung Cikuray di mulih ka desa

Lapangan luas dengan pemandangan gunung cikuray dan udara yang sejuk dapat dinikmati disini. Menikmati matahari pagi sambil duduk di kursi kayu bersama keluarga bisa menghilangkan dinginnya udara pagi.

5. Toilet Umum

Terdapat toilet umum untuk pria dan wanita pengunjung Resto dan Resort Mulih Ka Desa

6. Spot Foto

Banyak spot foto yang ada disini, padi, pegunungan, kolam buatan, saung, jembatan bambu, dan lainnya.

Sekian review penulis tentang Resto dan Resort Mulih Ka Desa, semoga bermanfaat sebagai tempat peristirahatan Anda ketika liburan di kota Garut.

Salam.

Artikel Tag: mulih ka desa, samarang, garut, sawah

     
295