Wisata Purwakarta: Gunung Parang Pertama di Indonesia dengan Jalur Via Ferrata

Penulis:
Jum'at , 22:41 WIB
Wisata Purwakarta: Gunung Parang Pertama di Indonesia dengan Jalur Via Ferrata
Gunung Parang Purwakarta Jawa Barat

Foto-foto tentang pendakian di Gunung Parang ini mungkin sering Anda temukan di Instagram, Facebook atau jejaring sosial lainnya. Dan sekilas, kegiatan mendaki di gunung ini seakan butuh skill khusus, tapi apakah benar demikian?

Gunung Parang memiliki ketinggian sekitar 963 mdpl, ketinggian ini sama dengan Gunung Nglanggeran yang ada di Gunungkidul, Jogjakarta. Untuk mencapai puncak gunung tersebut, pengunjung harus melakukan pendakian di sisi tebing batu yang vertikal. Tebing ini sering dianggap ekstrim dan banyak yang mengira hanya orang-orang tertentu saja yang memiliki skill wall climbing yang dapat mencapai puncak Gunung Parang.

Tapi kini tebing Gunung Parang sudah ditanam dengan jalur Via Ferrata. Via ferrata merupakan salah satu tehnik memanjat dengan mendaki tangga besi yang ditanam di dinding tebing. Gunung Parang yang berlokasi di Kabupaten Purwakarta Jawa Barat ini merupakan gunung pertama di Indonesia yang di pasang jalur via ferrata.

Panjang jalur pendakian di tebing Gunung Parang ini mencapai 150 meter, bisa dibayangkan 150 meter akan sangat mudah kita lakukan jika berjalan biasa dengan jalan yang datar, namun lain halnya jika jalan itu vertikal ke atas. Tentunya semakin tinggi, adrenalin akan semakin terpacu.

Jenis batu di tebing Gunung Parang ini adalah batu andesit, yang merupakan batu yang sangat kuat dan sangat kokoh. Batu ini merupakan jenis batu yang sering dipakai untuk konstruksi pembuatan candi-candi kuno di Indonesia, seperti Candi Borobudur dan Candi Prambanan. Sehingga Anda tidak perlu khawatir dengan kekuatan tangga besi yang menancap di dinding batu tersebut.

Pendaki yang akan melakukan pendakian dilengkapi dengan alat pengamanan tambahan, pendaki juga dilengkapi dengan tali pengaman yang akan dikaitkan di setiap lintasan besi, pendaki juga dilengkapi dengan seat harness serta helm pelindung.

Gunung Parang yang memiliki jalur via ferrata ini diresmikan di tahun 2015 lalu dan telah diuji coba oleh pengunjung yang mendaki mulai usia 5 tahun hingga 62 tahun. Bagi anak-anak dengan usia 5 tahun yang tidak phobia dengan ketinggian di perbolehkan untuk mendaki gunung ini via jalur ferrata. Terdapat beberapa penyedia wisata sekaligus operator yang menjual paket wisata pendakian Gunung Parang melalui jalur via ferrata.

Artikel Tag: gunung parang, jalur ferrata, purwakarta, pendakian, jawa barat

     
123