Green Canyon Pangandaran - Cukang Taneuh

Penulis:
Jum'at , 01:40 WIB
Green Canyon Pangandaran - Cukang Taneuh
Green Canyon Panganaran / Cukang Taneuh

Banyaknya lokasi wisata di Propinsi Jawa Barat yang dapat dinikmati para wisatawan dari berbagai daerah menjadikan propinsi ini memiliki pendapatan daerah yang luar biasa di tiap-tiap kota nya,salah satunya adalah Pangandaran.

Wisata di Jawa Barat itu sendiri memiliki segmentasi masing-masing dan hampir semua segmen tersedia, mulai dari Mall & Plaza, Wisata Alam, Wisata Religi, Wisata Belanja, Wisata Sejarah, dan banyak lagi jenis wisata yang lainnya.

Salah satu wisata alam di Jawa Barat yang menakjubkan adalah Green Canyon Pangandaran. Tempat wisata yang di kenal juga dengan sebutan Cukang Taneuh ini berada di Desa Kertayasa, Kecamatan Cijulang, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, kurang lebih berjarak 31 km dari Kota Pangandaran.

Green Canyon Pangandaran 2

Asal mula diberikannya nama Green Canyon gara-gara seorang turis Perancis melancong ke Indonesia pada tahun 1993. Pada saat datang ke tempat tersebut, ia melihat airnya yang begitu jernih dan kehijauan dan lumut hijau yang menyebar dan menempel di sisi tebing yang membuatnya jadi populer dengan nama Green Canyon Pangandaran.

Cukang Taneuh sendiri merupakan sebuah sebutan dari penduduk asli daerah sekitar yang memiliki arti jembatan tanah. Karena jembatan tanah ini menjadi jalan utama penduduk setempat untuk menuju ke kebun mereka.

Akses menuju ke Green Canyon Pangandaran

Jika Anda datang dari luar Jawa Barat maka Anda dapat menggunakan jalur udara menuju kota Bandung. Dari Bandung, ambil jalur bus mengarah ke Pangandaran. Sesampainya di Terminal Pangandaran, Anda bisa menggunakan jasa mini bus sampai terminal Cijulang, kemudian perjalanan dilanjutkan dengan menggunakan ojek atau sewa mobil.

Untuk sampai di Green Canyon Pangandaran dari dermaga Ciseureuh, Anda akan menempuh waktu perjalanan kurang lebih 30 hingga 45 menit dengan menaiki perahu kayu modern atau disebut juga dengan "Ketinting". Harga tarif per-orang untuk perahu ketinting ini sekitar Rp. 75.000. Daya tampung perahu kayu ketinting tersebut maksimal lima orang, dan mulai beroperasi sejak pukul 07.30 WIB hingga pukul 16.00 WIB.

Green Canyon Pangandaran 5

Perahu ketinting kayu ini akan membawa Anda menyusuri sungai yang memiliki pemandangan eksotis dengan pohon-pohon hijau yang menjulang di sepanjang tepi sungainya, dan sesekali akan tampak satwa di sepanjang sungai. Dalam perjalanan ini, Anda juga bisa melihat air terjun yang turun dari sisi tebing sungai.

Kegiatan Wisata di Green Canyon Pangandaran

Anda akan takjub dengan keindahan yang ada di sini. Jangan lupa untuk menyiapkan kamera saku atau kamera handphone selama perjalanan menyusuri sungai. Dan lindungi kamera Anda dengan pembungkus anti air yang banyak dijual dipasaran. Karena objek-objek indah yang Anda lihat akan sayang jika tidak di abadikan.

Green Canyon Pangandaran 3

Selama perjalanan menyusuri sungai yang lumayan panjang dengan perahu ketinting kayu, Anda akan menemui beberapa arus sungai yang memungkinkan untuk berenang. Air sungainya yang sangat jernih, akan menggoda Anda untuk berenang.

Setelah itu, Anda akan melanjutkan perjalanan menyusuri gua yang memiliki stalaktit dan stalagmit yang meneteskan air. Selama perjalanan di atas perahu ketinting kayu, Anda juga akan mendengar suara gemuruh air yang berjatuhan di tepi tebing.

Anda bisa mencoba tantangan yang memacu andrenalin, yaitu dengan terjun bebas ke sungai dari batu berketinggian 5 meter atau Anda juga bisa mencoba atraksi panjat tebing. Namun bagi Anda yang suka dengan ketenangan, bersampan sambil memancing ikan akan menjadi pilihan yang mengasyikan.

Green Canyon Pangandaran 4

Beberapa kegiatan yang menjadi favorit para wisatawan salah satunya adalah Body Rafting. Dengan Harga berkisar Rp. 150.000 hingga 250.000 Rupiah. Namun tidak hanya body rafting saja yang menjadi permainan yang asyik disini, tetapi Anda juga bisa menikmati kejernihan air Green Canyon Pangandaran dengan berenang, melompat dari tebing dengan ketinggian mencapai 9 meter, atau mencoba trekking.

Ketersediaan Makanan dan Minuman

Jangan takut jika Anda tidak membawa bekal makanan yang cukup, karena terdapat lokasi tempat penjual makanan di sekitar tempat parkir dekat pintu masuk. Di sana Anda akan melihat jajaran rumah makan yang siap sedia dengan makanan khas Sunda atau berbagai masakan lainnya. Tersedia juga makanan ringan seperti bubur ayam, bakso dan lainnya yang dijual di gerobak.

Tips berwisata di Green Canyon Pangandaran

- Karena nantinya Anda akan banyak berinteraksi dengan air, jangan lupa untuk membawa baju ganti.

- Untuk melindungi barang-barang elektronik seperti handphone dan kamera, jangan lupa untuk membawa tas pelindung anti air.

- Karena perjalanan akan menemui bebatuan yang licin, gunakanlah alas kaki (sendal/sepatu) anti selip, atau amannya Anda gunakan sendal gunung khusus.

- Jangan lupa untuk membawa bekal makanan dan minuman, karena makanan dan minuman hanya ada yang jual di dekat pintu masuk utama.

- Jangan lupa untuk membawa kantong plastik khusus untuk membuang sampah, agar keindahan wisata Pangandaran ini tetap terjaga.

Waktu beroperasi kawasan ini berlangsung dari pukul 07.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB. Dan khusus untuk hari Jumat, dimulai pukul 13.00, setelah sholat Jumat.

Jika Anda datang dengan rombongan, ada baiknya menggunakan jasa Tour & Travel Agent yang berpengalaman. Agar kegiatan wisata Anda bersama kerabat, keluarga, atau teman kantor dapat lebih terasa. Jangan takut mengenai harga, karena pastinya Tour & Travel Agent sudah berkoordinasi dengan kawasan setempat, dan sudah memikirkan bagaimana menjamu Anda dengan baik selama berwisata.

Salah satu Tour & Travel Agent yang di rekomendasikan untuk wisata Green Canyon ini adalah Haraduta Tour & Travel, Anda dapat memilih kapan tanggal keberangkatan serta jumlah orang yang akan berwisata.

Bagi Anda yang ingin datang berwisata ke tempat ini sendiri atau berdua atau kuota orang sedikit, dan ingin memakai jasa Tour & Travel Agent, Anda bisa mencoba paket open trip Green Canyon Pangandaran. Open Trip merupakan Program Trip Gabungan yang kegiatan berwisatanya di campur dengan peserta wisata lain, hal ini untuk memenuhi kuota agar fasilitas trip bisa terpenuhi.

Haraduta Tour & Travel juga memiliki fasilitas untuk Open Trip Green Canyon Pangandaran ini, silahkan kunjungi halaman https://haraduta.com/open-trip/green-canyon-pangandaran/ untuk memilih tanggal keberangkatan yang sudah di sediakan pihak oleh pihak travel itu sendiri.

Alamat

Jl. Raya Cijulang - Green Canyon, Kertayasa, Cijulang, Kertayasa, Cijulang, Pangandaran, Jawa Barat 46394, Indonesia

Navigasi Google Maps

Akhirnya sekian ulasan dari saya mengenai Wisata Green Canyon Pangandaran ini, semoga yang membacanya bisa menikmati keindahan alam disana, atau bagi yang sudah pernah bisa untuk mengunjungi lagi kesana. :)

Salam

Artikel Tag: green canyon pangandaran, cukang taneuh, pangandaran, jawa barat

     
509