Wisata Bogor: Goa Gudawang, Wisata yang Jarang Orang Kunjungi di Bogor

Penulis:
Jum'at , 01:01 WIB
Wisata Bogor: Goa Gudawang, Wisata yang Jarang Orang Kunjungi di Bogor
Goa Gudawang. Foto: nana_penyu instagram

Goa Gudawang adalah salah satu tempat wisata alam di kota Bogor, terletak di Jasinga, Desa Argapura, Kecamatan Cigudeg, Kabupaten Bogor. Goa Gudawang ini menjadi alternatif bagi Anda untuk rekreasi dengan keunikan dan keindahan pesona alam yang sangat alami.

Goa-Goa yang terbangun di area obyek wisata Goa Gudawang ini terjadi secara alami yang terbentuk dari proses sedimentasi selama ratusan tahun. Dan di dalam Goa tersebut Anda akan di sambut dengan banyak nya stalaktit yang berbentuk sedotan dengan pemandangan yang begitu indah.

Stalaktit dan stalakmit secara kimiawi akan terus berkembang selama tetesan air di atas nya masih mengalir, sehingga di butuhkan puluhan tahun untuk menambah 1 cm. maka, sebuah goa stalaktit dan stalakmit yang sudah terbentuk di yakini berumur ratusan tahun sehingga bisa membentuk berbagi ukuran yang indah seperti wisata di bogor yang ada di Goa Gudawang ini.

Butuh waktu lebih dari dua jam perjalanan dari pusat Kota Bogor untuk mencapai lokasi ini. Letaknya yang berada di pedalaman Desa Argapura, dengan rute jalan yang cukup sulit, menjadikan kawasan ini kurang diketahui banyak orang.

Nama Gudawang sendiri berasal dari kata "Kuda Lawang" yang artinya Buntut (ekor kuda yang di kepang), dan konon di daerah ini merupakan tempat proses sedimentasi dan tempat berkumpul nya para pendekar dari tanah pasundan untuk menimba ilmu seperti ilmu kanuragan dan lainnya. Hingga kini berbagai misteri yang terdapat di Goa Gudawang masih belum terpecahkan.

Bagi Anda yang suka wisata alam tidak salahnya Anda mengunjungi Goa Gudawang, salah satu tempat rekreasi di Kota Bogor yang sangat murah, dengan hanya Rp. 7.000/perorang Anda bisa langsung menikmati keindahan Goa Gudawang.

Untuk memasuki Goa Gudawang ini, Anda akan diantar oleh petugas dimana petugas ini adalah warga setempat. Goa ini dijamin aman untuk umum. Karena rute untuk memasukinya sudah tersedia tangga dan disediakan lampu senter.

Gemercik suara air dan indahnya stalagtit dan stalakmit membuat rasa lelah menempuh perjalan menjadi tak tergantikan. Selain Goa Gudawang, ada beberapa goa lainnya yang saling berdekatan, yakni Goa Simasigit, Goa Simenteng, Goa Cimenteng, Goa Sipaheng, Goa Ciaul, Goa Cikondang, Goa Cigaraan, Goa Leguk Picung, Goa Sigoong, Goa Ciparat, dan Cielong.

Alamat

Desa Argapura, Kecamatan Parung Panjang, Bogor

Navigasi Google Maps

Artikel Tag: goa gudawang, goa simasigit, goa simenteng, goa cimenteng, goa sipaheng, goa ciaul, goa cikondang, goa cigaraan, goa leguk picung, goa sigoong, goa ciparat, jasinga, bogor

     
281