Wisata Bogor: Goa Agung Garunggang, Yang Tersembunyi di Balik Bukit Sentul

Penulis:
Kamis , 18:31 WIB
Wisata Bogor: Goa Agung Garunggang, Yang Tersembunyi di Balik Bukit Sentul
Goa Agung Garunggang Sentul Bogor

Tahukah kamu kalau Indonesia punya mini Machu Pichu yang ada di Peru?. Wisata di Sentul Bogor ini letaknya berada di antara deretan bukit yang ada di kawasan Sentul. Ada banyak wisata Bogor yang masih belum mendapat perhatian dari pemerintah, salah satunya Goa Agung Garunggang.

Letaknya yang berada di antara bukit dan jauh dari perumahan warga membuat tempat ini kian terpencil dan tersembunyi. Medan jalan yang cukup sulit dan kurang lebih sejauh 2-4 km harus di tempuh demi mencapai lokasi ini. Ada dua pilihan jalan yang bisa Anda pilih dan bentuk jalan keduanya tidak berbeda, tak jarang banyak warga yang menyarankan bagi Anda yang ingin kesini untuk mengendarai motor trail. Letak muka jalan menuju tempat ini satu jalur dengan lokasi wisata air terjun Leuwi Hejo, namun masih lebih dekat.

Baca juga: Lokasi Wisata di Sentul City

Anda harus jeli melihat sebuah spanduk hijau yang sudah tak terawat bertuliskan "Goa Agung & Batu Gantung". Kemudian berbelok ke kiri ke jalan bebatuan yang turun agak curam, lalu melewati jembatan setapak dan perjalanan penuh adrenalin dimulai dari sini.

Di awal perjalanan, Anda akan menelusuri pemukiman warga. Jangan ragu untuk bertanya pada warga sekitar, karena tempat ini memang tersembunyi. Tak jauh dari rumah warga, anda akan menemukan lagi spanduk hijau persis yang seperti di depan gang. Dan Anda akan menemukan jalan setapak bertanah merah yang pemandangan kiri dan kanannya adalah pepohonan dengan jurang yang cukup dalam. Anda harus ekstra hati-hati, namun jangan khawatir ada beberapa warga yang sedang lewat siap membantu Anda untuk menunjukan arah.

Kurang lebih perjalanan selama satu jam, Anda akan menemukan bebatuan yang berjajar. Konon menurut warga sekitar, bebatuan itu adalah bebatuan karang yang ada di dasar laut. Ditemukan pada tahun 1987, namun saat ini masih tersembunyi. Terdapat empat mulut goa disini, namun yang bisa pengunjung masuki hanya satu goa, yaitu Goa Agung Garunggang. Karena tiga goa lainnya mengandung gas beracun sehingga tak aman untuk dieksplorasi oleh manusia.

Goa Agung sendiri merupakan goa vertikal, untuk masuk kesana ada sebuah tangga dari pepohonan yang cukup kokoh. Jangan lupa untuk membawa senter atau headlamp karena tempat ini sangat gelap. Begitu memasuki goa ini, Anda akan disuguhi staglatit dan stalagmit mati yang eksotis, suara gemericik air menambah kesyahduan suasana. Goa ini tidak tembus, sehingga anda harus melewati jalan yang sama untuk kembali.

Bebatuan di sekitar mulut goa sangat indah dan eksotis. Dan Anda bisa melihatnya dari atas saung yang ada di sekitar. Anda harus membuktikan sendiri keindahannya. Sangat amat sayang tempat ini belum mendapat perhatian dari pemerintah, dan kabarnya tempat ini diperebutkan oleh kabupaten Bogor dengan kota Depok, hal itu terlihat dari tempat sampah yang merupakan sumbangan dari pemerintah kota Depok. Namun secara geografis, tempat ini milik Bogor.

Gunakanlah kendaraan roda dua jika Anda tidak ingin terlalu jauh berjalan kaki. Ingat, harus teliti dan jeli melihat spanduk Goa Agung Garunggang. Perjalanan menuju Goa Agung Garunggang ini tanjakan dan turunan bisa dirasakan seimbang. Perkebunan menjadi pemandangan di kiri dan kanan jalan. Panas yang tidak terlalu terik menjadi perjalanan ini semakin asyik. Terdapat beberapa “saung”, tempat untuk duduk beristirahat yang terbuat dari kayu dan bambu. Jangan lupa membekali diri dengan air minum dan makanan karena belum ada warung ataupun penjual yang menggelarkan barang dagangannya. Mungkin Anda akan bertemu dengan beberapa turis asing yang melintas bersama dengan para tour guide.

Artikel Tag: goa agung garunggang, sentul, bogor, jawa barat

     
294