Wisata Bogor: Eco Art Park Sentul City, Wisata Edukasi Untuk Anak-anak

Penulis:
Senin , 22:45 WIB
Wisata Bogor: Eco Art Park Sentul City, Wisata Edukasi Untuk Anak-anak
Eco Art Park Sentul City

Tempat wisata dan rekreasi yang bersifat edukasi memang sudah cukup banyak tersedia di wilayah Jabodetabek. Salah satu yang terdapat di Sentul Bogor adalah Eco Art Park yang berada di kawasan Sentul City. Eco Art Park ini menarik untuk dikunjungi bersama anak, karena tempatnya yang berbeda dibandingkan dengan taman kota umumnya.

Eco Art Park Sentul City adalah sebuah taman yang dikembangkan di dalam komplek perumahan Sentul City Bogor. Sebagai sebuah hunian perumahan yang dikembangkan dengan konsep ramah lingkungan, kehadiran sebuah Ruang Terbuka Hijau menjadi sebuah keharusan dan hal itu diwujudkan dengan adanya taman Eco Art Park ini. Taman ini tidak seberapa luas, kira-kira hanya sekitar 500 meter persegi saja. Lokasinya tepat berada di pinggir aliran sungai Cikeas dan diapit oleh Bellanova Mall.

Taman Wisata yang disebut juga Taman Energi Eco Park ini merupakan tempat rekreasi yang sarat dengan nilai edukasi. Ruang hijau yang tertata rapih ini bersebelahan dengan Pasar Ah Poong, dengan mengusung konsep Green Property. Taman Rekreasi Eco Art Park ditujukan untuk memperkenalkan sekaligus memberikan edukasi tentang energi kepada masyarakat. Untuk mendukung tujuan tersebut, pengelola taman rekreasi bekerjasama dengan Komunitas Migas Indonesia atau disingkat KMI dan Masyarakat Energi Terbarukan Indonesia atau disingkat METI. Selain ilmu pengetahuan, Eco Art Park juga membuat berbagai karya seni khususnya patung.

transformer dari sparepart mobil bekas

Taman Rekreasi Eco Art Park ini terbagi menjadi dua wilayah, yaitu Taman Ilmu Pengetahuan atau Science Garden dan Taman Patung atau Sculpture Garden. Di taman patung ini, pengunjung bisa melihat patung-patung robot yang terbuat dari bekas sparepart mobil. Selain dari patung robot yang dibuat mirip Transformer itu ada pula karya seni rupa tiga dimensi lain yang memanfaatkan bekas gerbong kereta. Dalam karya itu digambarkan kereta yang penuh sesak hingga penumpangnya berdiri di bagian pintu. Pengunjung juga bisa menemukan patung lain yang unik dan menarik.

Garden Science di Eco Art Park juga sangat menarik, di sini terdapat Parabola Aktif. Bentuknya hanya dua buah parabola berwarna-warni yang dipisahkan oleh jarak sekitar 15 meter. Jika Anda berbicara di depan salah satu parabola, maka suara Anda bisa terdengar di bagian parabola lain. Proses merambatnya suara juga bisa diamati dengan mencoba Pipa Suara. Jika ingin menikmati pemandangan seluruh Taman Energi Eco Park, Anda bisa menyusuri Jembatan Lingkar.

Alamat

Cipambuan, Babakan Madang, Sentul City, Bogor, Jawa Barat 16810

Navigasi Google Maps

Artikel Tag: eco art park, babakan madang, sentul, bogor, jawa barat

     
151