Wisata Bogor: Pesona Birunya Air Curug Leuwi Hejo Sentul

Penulis:
Jum'at , 01:21 WIB
Wisata Bogor: Pesona Birunya Air Curug Leuwi Hejo Sentul
Curug Leuwi Hejo Sentul Bogor

Curug Hejo berada di Kampung Wangun Cileungsi Desa Karang Tengah Kecamatan Babakan Madang, Sentul, Bogor. Curug Leuwi Hejo atau yang lebih dikenal oleh masyarakat setempat bernama Curug Bengkok adalah sebuah air terjun mini yang ditampung oleh kolam kecil berwarna hijau dan memiliki air yang sangat jernih serta dingin yang lumayan menusuk tulang.

Sebenarnya nama aliran sungai tersebut adalah sungai Cileungsi. Dari sinilah awal mula sungai Cileungsi berasal. Karena pancaran air ketika terkena sinar matahari berwarna hijau maka disebut Leuwi Hejo dan kebetulan berada jauh dibawa kaki bukit kecil. Curug Bengkok dinamakan demikian karena air yang terjun dari bebatuannya tidak lurus yang bagi masyarakat setempat dinamakan Bengkok atau tidak lurus.

Baca juga: Kumpulan artikel wisata di Sentul Bogor

Kolam yang jernih ini menuai banyak sorotan bagi para pecinta wisata alam. Popularitasnya baru muncul beberapa bulan kemudian setelah beberapa orang traveler yang mengenalkan lokasi ini disebuah forum komunitas dunia maya, seperti Facebook dan Twitter. Curug ini kemudian berganti nama menjadi Curug Leuwi Hejo, dan nama tersebut akhirnya melambung di dunia para pecinta alam. Jadilah Curug Leuwi Hejo seperti artis yang sedang naik daun dan diburu oleh para petualang baik dari wilayah Bogor, Jakarta, Depok, Tangerang, Bekasi, bahkan Bandung.

Akses Menuju Wisata Curug Leuwi Hejo Bogor

Bagi Anda yang ingin berkunjung, Anda dapat menempuh beberapa alternatif jalan menuju lokasi ini. Anda bisa melalui Sentul City atau Citeureup Bogor.

Melalui Sentul City, Babakan Madang

Dari Jagorawi, Exit Tol Sentul City. Belok kiri ke arah Sentul City, Giant, Jungle Land. Setelah Giant Ada jalan turun ke bawah menuju arah pertigaan Rainbow Hills Golf dan Polsek Babakan Madang, Sate PSK, SLDC. Ambil Kiri ke arah Polsek Babakan Madang. Lurus terus sampai bertemu pertigaan Gunung Pancar dan Pasar Babakan Madang. Belok Kanan ke arah Gunung Pancar. Lurus terus sampai bertemu pertigaan Gunung Pancar dan Karang Tengah. Jangan masuk ke kanan, ke arah Pemandian Air Panas Gunung Pancar, tapi belok kiri ke arah Desa Karang Tengah. Ikutin terus jalan tersebut sampai bertemu plank Selamat Datang di Wisata Alam Curug Bengkok, Leuwi Hejo, Curug Barong. Posisi sebelah kanan jalan. Harap berhati-hati karena kondisi jalan rusak parah dan terjal sehingga dapat memicu adrenalin Anda.

Melalui Pasir Mukti, Kecamatan Citeureup

Dari tol Jagorawi, exit tol Sirkuit Sentul. Belok kiri dan putar arah menuju Desa Leuwi Nutug, Bukit Hambalang, Kecamatan Citeureup. Lurus terus melewati Pom Bensin Leuwi Nutug sampai bertemu pertigaan Kecamatan Citeureup dan Jalan Tengsaw. Belok kanan ke arah Jalan Tengsaw, Indokordsa. Lurus terus sampai bertemu pertigaan Desa Babakan dan Desa Pasir Mukti. Belok kanan ke arah Kebun Wisata Pasirmukti. Sesampainya di Kebun Wisata Pasirmukti lurus terus menuju Kecamatan Sukamakmur sampai bertemu Desa Cibadak, Kec. Sukamakmur dan pertigaan Jonggol, Cianjur dan Desa Karang Tengah. Belok Kanan ke arah Desa Karang Tengah sampai bertemu plank Selamat Datang di Wisata Alam Curug Bengkok, Leuwi Hejo, Curug Barong. Posisi sebelah kiri jalan. Kondisi jalan melalui Kecamatan Citeureup dan Sukamakmur lebih baik jika dibandingkan dengan melalui jalan Gunung Pancar, Babakan Madang.

Air yang mengalir di Curug Hejo ini berwana biru toska, disertai dengan bebatuan besar dan kecil yang menjadi pemandangan yang mengasikan sebagai tempat liburan di alam bebas di kawasan Sentul Bogor. Kita bisa mencoba berendam di air yang jernih dari mata air yang mengalir di kawasan wisata alam Sentul yang indah ini.

Harga Tiket Masuk Curug Leuwi Hejo Sentul

Terdapat dua kali pembayaran tiket di kawasan wisata alam Leuwi Hejo Sentul, karena lokasi yang dikelola ini berada di desa yang berbeda. Pertama dilokasi parkiran pengunjung dikenakan biaya Rp. 10.000/orang, dan yang kedua pengunjung dikenakan biaya masuk Rp. 5.000/orang. Jadi totalnya Rp. 15.000/orang. Namun informasi tiket masuk lokasi Wisata alam Leuwi Hejo Sentul Bogor ini dapat berubah sewaktu-waktu dengan kebijakan pengelola setempat.

Curug Leuwi Hejo ini sempat ditutup pada bulan maret lalu, dikarenakan adanya musibah yang murni di karenakan oleh alam.

Alamat

Wangun Cileungsi, Karang Tengah, Babakan Madang, Sentul, Bogor, Jawa Barat 16830.

Navigasi Google Maps

Artikel Tag: curug leuwi hejo, sentul, bogor, jawa barat

     
84