Wisata Bogor: Curug Hordeng, Wisata tersembunyi di Seputar Sentul

Penulis:
Kamis , 17:03 WIB
Wisata Bogor: Curug Hordeng, Wisata tersembunyi di Seputar Sentul
Curug Hordeng

Curug hordeng terletak di desa Cibereum Cibadak Sentul Bogor. Untuk menuju ke curug tersebut Anda dapat melalui beberapa jalur. Dari arah Jonggol (Jonggol - Sukamakmur - Cibadak - Ciberuem), dari arah Citeureup (Citeureup - Tajur - Cibadak - Cibereum) atau dari arah Gunung Pancar. Jika anda melewati jalur Gunung Pancar ada beberapa curug yang sekalian bisa Anda nikmati.

Ketika perjalanan dimulai dengan melalui jalur Gunung Pancar dari arah Bogor, ambil arah ke Sentul menuju Jungle Land, kemudian ke arah gunung pancar, beberapa baliho yang menunjukan nama-nama curug akan terlewati, mulai dari Curug Intan, curug Yasmin, Leuwi hejo, Curug Barong, dan Curug Cakrawardana. Sampai bertemu pertigaan, ada petunjuk yang mengarahkan, jika ke kiri ke arah Jonggol atau Citeureup dan ke kanan menuju Loji dan Cibereum, dari pertigaan inilah trek di mulai.

Perjalanan Anda akan berlanjut menyusuri jalanan berbeton yang berliku, dalam perjalanan ini, tikungan tajam dengan trek tanjakan hampir 60 derajat kemiringannya, serta turunan curam yang membuat jantung berdetak. Pemandangan bukit dan persawahan menuju desa cibereum sangat menghibur dan menyegarkan mata di perjalanan kali ini. Setelah 30 menit perjalanan Anda akan menjumpai pintu masuk Curug Hordeng, dengan membayar tiket sebesar Rp. 15.000/orang di tambah Rp. 5000 untuk parkir motor. Tempat parkirnya melewati jalanan tanah merah yang bila hari sedang hujan pastinya akan licin.

Disinilah awal treking yang menantang, pesona perbukitan yang menghijau yang luar biasa indahnya. Trek yang menanjak, jalan setapak di sisi jurang, harus dilewati dengan sangat hati-hati. Setelah perjalanan menembus hutan kopi, Anda akan menjumpai petunjuk yang mengarahkan ke beberapa tempat. Beberapa diantaranya Curug ciburial, Luewi Buluh Lesueng dan Curug Kembar. Untuk mencapai Curug Hordeng, Anda harus terus berjalan menyusuri jalan setapak, karena setibanya di Curug Hordeng Anda akan melihat pesona curug lainya dari ketinggian seperti melihat eksotisme Curug Kembar.

Setibanya di Curug Hordeng, rasa lelah diperjalanan akan terbayar dengan keindahan dan kesegaran airnya. Walau ketinggian curug ini hanya 10 m, tapi keindahan curugnya sangat unik, bentuknya yang lebar menyerupai tirai, pantas saja di sebut dengan Curug Hordeng.

Tips Perjalan Ke Curug Hordeng:

- Pastikan dalam kondisi cuaca yang tidak mendung, karena treking ke daerah Curug Horderng rawan longsor bila terjadi hujan

- pastikan Anda dalam keadaan Vit, karena Anda akan berjalan kaki jauh untuk mencapai Curug Hordeng.

- Pastikan kendaraan yang Anda gunakan dalam keadaan prima, karena tanjakan tinggi dan turunan yang curam membutuhkan tenaga dan pengereman kendaraan yang dalam kondisi baik.

Alamat

Jalan Gunungwangun, Kampung Cibeureum RT 05/RW 04, Desa Cibadak, Sukamakmur, Cibadak, Sukamakmur, Bogor, Jawa Barat 16830, Indonesia

Navigasi Google Maps

Artikel Tag: curug hordeng, sentul, bogor, jawa barat

     
1016