20 Ide Kreatif Memanfaatkan Barang Bekas

Penulis:
Rabu , 20:27 WIB
20 Ide Kreatif Memanfaatkan Barang Bekas
Ide kreatif memanfaatkan barang bekas bohlam lampu

Berikut ini contoh kreatif dari barang-barang bekas yang ada di sekitar Anda dan mudah untuk ditemukan. Atau mungkin barang-barang ini termasuk yang ingin Anda buang, tunggu dulu sebelum Anda membaca ini.

1. Vertical Garden dari Botol Aqua Bekas

Jangan kehabisan ide untuk membuat penghijauan di lahan sempit, beragam ide menarik bisa Anda lakukan sebagai kegiatan kreatif di akhir pekan. Salah satunya dengan membuat vertical garden dengan botol aqua bekas ini. Barang yang diperlukan antara lain: Botol bekas (Coca cola/aqua/srite), Tali atau kawat, Gunting atau cutter, Tanah dan tanaman, Paku dan palu, Kayu (jika diperlukan).

2. Gelang Warna

Ini adalah sebuah gelang yang dibuat dari manik-manik dan peniti serta benang. Dengan pengerjaan yang relatif mudah menghasilkan sebuah karya yang bernilai seni. Namun pengerjaan ini membutuhkan kesabaran tentunya, untuk hasil yang bagus.

3. Pot dari CD dan Botol Plastik Bekas

Sekilas bentuk ini seperti gelas zaman kerajaan romawi yang biasa di pakai minum raja. Namun ini adalah potongan botol plastik yang mulut botol nya di tempel oleh cd bekas dan di pylox. Ide pot dari cd dan botol plastik bekas ini bisa menjadi ide kreatif yang bisa anda kerjakan di akhir pekan.

4. Kursi dari Ban Bekas

Terkadang cukup bingung untuk memanfaatkan ban bekas mobil yang sudah tidak terpakai, gampangnya diberikan saja ke bengkel ketika penggantian ban. Namun dengan gambar ni, mungkin anda akan berfikir dua kali untuk memberikannya ke orang lain. Selain itu dengan memanfaatkan ban bekas Anda sudah membantu untuk bumi ini untuk menghindari dari pencemaran lingkungan.

5. Lampu dengan Kaleng Sarden atau Koktail

Ada banyak ide kreatif yang bisa dilakukan dari bahan kaleng. Karena kekuatan kaleng itu sendiri yang tahan terhadap panas dan cuaca. Berikut contoh memanfaatkan kaleng bekas sarden atau kaleng bekas koktail yang digunakan sebagai tempat lilin untuk penerangan di taman atau teras rumah.

6. Hiasan dari Sepeda Bekas

Anda memiliki sepeda usang yang sudah tidak terpakai digudang? beberapa bagian dari sepeda itu bisa di gunakan sebagai hiasan dekoratif untuk rumah Anda. Salah satunya velg sepeda yang bulat dapat di belah menjadi dua untuk digunakan sebagai kaki-kaki meja yang kuat. Atau velg bulat yang utuh sebagai meja untuk alas kaca.

7. Bunga Hiasan dari Sendok Plastik Bekas 

Sendok plastik bekas biasanya terkumpul disaat kita habis melakukan acara dirumah. Biasanya sendok plastik ini dipakai saat makan puding di acara arisan atau hajatan. Jangan Anda buang dulu sendok plastik yang sudah tidak terpakai, berikut contoh ide kreatif dengan sendok plastik bekas.

8. Pot Bunga Unik dari Rumah Siput

Rumah siput menjadi sangat unik ketika dijadikan sebuah pot untuk tanaman kecil. Tak kalah dengan batok kelapa, ketika menjadi pot, rumah siput ini mempunyai nilai seni yang unik dan menarik. Mau mencoba? penulis sendiri masih sulit untuk mencari dimana rumah siput ini bisa ditemukan, tentu dengan ukuran yang besar.

9. Pot dari Botol Plastik Bekas

Banyak ide kreatif dari botol plastik bekas yang bisa kita kreasikan, dari mulai pot untuk vertical garden, pot gelas, hingga pot hias yang dapat dibentuk sebuah karakter lucu.

10. Pot Romantis dengan Lampu

Umumnya sebuah pot hanya terdiri dari media tanah dan tanaman. Namun kali ini pot tanaman dibuat berbeda, dengan menambahkan lampu atau lilin di tengah pot itu sendiri, tentunya ini sangat cocok untuk hiasan pesta atau taman yang ingin Anda buat lebih romantis.

11. Gantungan dari Penjepit Kertas/Binder Clip

Ide kreatif dari penjepit kertas ini sudah banyak beredar di internet, selain berfungsi sebagai penjepit kertas, binder clip ini bisa di manfaatkan sebagai gantungan port, gantungan headset atau gantungan lainnya yang bisa difungsikan di meja kantor Anda.

12. Hiasan Lucu dari CD Bekas dan Batang Kayu

Ide kreatif untuk membuat hiasan lucu ini sangat cocok untuk di aplikasikan di kamar anak. Karakter burung yang dibentuk seperti sedang hinggap di dahan ini menjadi hiasan unik yang mudah Anda lakukan dirumah. Tutup kaleng, Cd, tutup botol, atau apapun yang berbentuk bulat bisa Anda manfaatkan untuk membuat karakter burung.

13. Tempat Sepatu dari Kayu Palet Bekas

Ide Kreatif dari kayu palet bekas seakan tak ada habisnya, salah satu yang sederhana yang bisa Anda lakukan dengan membuat tempat sepatu sederhana seperti di gambar. Namun Anda bisa membuatnya jadi lebih rapih dan meluangkan waktu lebih banyak untuk desain lain yang lebih bagus.

14. Tempat Lilin dari Tutup Botol 

Lilin dan korek api merupakan barang pertama yang kita cari saat mati lampu, tak ada salahnya jika kita memperbanyak stok lilin dirumah dari tutup botol bekas yang ada.

15. Pick/Pemetik Gitar dari Kartu ATM Bekas

Ide kreatif dari kartu ATM bekas yang digunakan sebagai pemetik gitar ini sangat mudah dikerjakan. Jika Anda tidak mempunyai alat potongnya, Anda bisa menggunakan gunting kawat sebagai alat potong. Untuk hasil yang lebih rapih, Anda bisa membuat contoh desain atau pola terlebih dahulu di kertas, kemudian gunting mengikuti pola tersebut.

16. Lampu Minyak dari Bohlam Bekas

Ide kreatif yang satu ini bisa di aplikasikan dengan mudah. Lampu bohlam bekas dan sumbu minyak yang mudah didapat disekitar kita. Namun sepertinya agak sulit untuk mencari minyak tanahnya karena termasuk bahan bakar yang sudah langka, tapi bukan berarti tidak ada.

17. Rak Buku dari Tangga Bekas Kayu

Cara instan membuat rak buku sementara bisa Anda gunakan tangga kayu bekas. Dengan memanfaatkan tembok sebagai sandaran buku, dan kayu tangga sebagai pijakan buku.

18. Membuat Kompor dari Kaleng Bekas Susu

Ide kreatif ini dapat Anda kerjakan dengan mudah. Kompor buatan dari kaleng susu bekas ini dapat Anda gunakan saat melakukan wisata alam bersama anak atau keluarga.

19. Kaki kaki meja dari Botol Bekas

Ide kreatif yang satu ini, membutuhkan sentuhan tangan profesional. Karena membuat tatakan meja kayu dengan sudut yang tidak biasa ini harus menggunakan alat. Namun bagi kita sebagai pemula, bisa memulai mengerjakan dengan bentuk kayu kotak biasa, tinggal melubangi kayu tersebut dengan bor sebagai rongga untuk leher botolnya.

20. Bungkus Kado dari Botol Plastik Bekas

Anda ingin memberikan kado special yang tidak biasa? Ide kreatif yang satu ini bisa Anda buat untuk membuat bungkus kado yang unik dan menarik.

Itulah 20 ide kreatif yang dapat Anda aplikasikan untuk kegiatan di akhir pekan. Mau mencoba salah satunya?

Salam.

Artikel Tag: ide kreatif, barang bekas, botol plastik bekas, kaleng bekas, ban bekas, kayu palet

     
9261