10 Wisata Rumah Pohon di Indonesia Yang perlu Anda ketahui

Penulis:
Senin , 22:55 WIB
10 Wisata Rumah Pohon di Indonesia Yang perlu Anda ketahui
10 Rumah pohon di Indonesia

Kini bukan lagi diluar negeri yang memiliki wisata rumah pohon yang indah dan menakjubkan, di Indonesia impian itu sudah dapat diwujudkan. Berikut beberapa rumah pohon yang eksotis yang bisa kita singgahi.

1. Rumah Pohon Taman Safari Indonesia, Cisarua, Bogor, Jawa Barat

Berlatar hutan tropis di perbukitan kaki Gunung Gede Pangrango, rumah pohon ini  merupakan inovasi unik terbaru yang dilakukan oleh pengelola Taman Safari Indonesia. Rumah pohon ini dilengkapi dengan jembatan gantung yang menghubungkan tangga dengan teras.

Menginap di rumah pohon akan menyempurnakan petualangan anda di Taman Safari Indonesia Bogor. Anda bagaikan di alam rimba, terdengar gemericik aliran air dan kemudian anda berada di atas pohon dan bemalam disana. Ini akan menjadi petualangan yang istimewa. Tiap unit rumah pohon ini memiliki kapasitas 4 orang,  dengan 2 type tempat tidur yaitu king size dan tempat tidur susun untuk buah hati tercinta.

""

Harga mulai dari Rp1.500.000,- per malam
Lokasi: Taman Safari Indonesia, Jalan Raya Puncak no. 61, Cibeureum, Cisarua, Bogor, Jawa Barat 16750
Telepon: 0812 3999 1110
E-mail: info@tamansafari.net

2. Bangun tidur disambut sinar matahari pagi: Omah Kayu Paralayang, Batu, Malang, Jawa Timur

Salah satu daya tarik utama dari Omah Kayu sudah pasti pemandangannya yang fantastis baik di pagi hari maupun malam hari. Sebuah tempat di mana Anda bisa memperoleh banyak inspirasi.

Rumah pohon di Omah kayu ini banyak di dominasi oleh muda mudi baik yang berjalan bersama teman, maupun bersama pasangan. Banyak yang mengabadikannya dengan berfoto di latar belakangi oleh keindahan alamnya.

""

Berlokasi di Kota Batu, Malang, tepatnya di sebuah bukit dengan ketinggian 1.340 meter di atas permukaan laut, tempat ini memiliki udara yang masih bersih dan segar, suhunya pun sudah pasti tidak segerah di kota besar.

Tersedia enam buah rumah pohon yang masing-masingnya mampu menampung hingga tiga orang, sehingga cocok sekali untuk keluarga kecil atau untuk berkumpul dengan teman-teman terdekat. Anda pun dapat bersantai di bangku kayu yang ada di balkon seharian sambil memandangi keindahan alam sekitarnya.

Di dalam rumah pohon ini terdapat sebuah ranjang, selimut yang tidak terlalu tebal namun cukup nyaman, serta peralatan makan yang bisa digunakan. Dua buah kamar mandi tersedia di luar ruangan (tidak ada di dalam kamar), dan dilengkapi dengan air panas. Dan tentu saja, di pagi hari Anda akan mendapatkan sarapan yang sederhana namun lezat.

Akomodasi unik ini masih terbilang baru, karena pertama kali dibuka pada bulan Februari 2014, jadi bisa dipastikan kalau semua fasilitasnya berada dalam kondisi yang baik.
Rumah pohon di Omah Kayu juga aman karena dibatasi dengan pagar yang cukup kokoh, sedangkan bangunannya sendiri terbuat dari kayu pinus berkualitas sehingga memiliki daya tahan yang baik. Sedangkan atapnya dilapisi oleh serat kelapa untuk kian menambah kesan natural. Suara rintik hujan yang jatuh di atap pun seolah menghasilkan melodi yang begitu harmonis.

Harga mulai dari Rp350.000,- per malam
Lokasi: Songgokerto, Batu, Kota Batu, Jawa Timur.
Telepon: 0838 4802 0407 (Deddy) | 0819 3184 3858 (Nanang)

3. Rumah Pohon di Villa Lembang

Di sini, Anda dapat tinggal lebih dekat dengan alam namun dengan kenyamanan yang bikin betah. Meskipun Rumah Pohon di Villa Lembang ini lokasinya tidak terlalu jauh dari kota, namun suasana yang ada di sini jauh berbeda dan sangat alami. Anda bisa merasakan udara sejuk menerpa wajah dan membangkitkan semangat – sehingga sangat pas untuk mereka yang ingin kabur dari kepenatan kota besar dan menikmati liburan tanpa beban.

Kawasan vila ini sendiri memiliki luas sebesar 10.000 meter persegi, jadi ada banyak ruang terbuka yang bisa Anda eksplor. Tak jauh dari sini, tepatnya di Lembang juga terdapat pasar terapung yang sangat mengasikan apabila Anda berniat untuk berjalan-jalan dan berwisata kuliner.

Tempat ini begitu menyatu dengan alam sekitarnya, terlihat dari penggunaan bahan-bahan yang begitu ramah lingkungan seperti bambu, tali rami, dan atap jerami. Meskipun demikian Anda tak perlu meragukan ketangguhan dari bangunan ini.

Villa Lembang juga dikenal sebagai akomodasi yang aman bagi anak-anak, bahkan kalaupun Anda takut dengan ketinggian, ada opsi vila-vila lain yang bisa dipilih. Dan sebagai bonus, dari sini obyek wisata Tangkuban Perahu bisa dicapai dengan mudah menggunakan kendaraan. Siapa tahu Anda ingin berwisata ke gunung berapi.

Harga mulai dari USD150 per malam
Lokasi: Jl. Kolonel Masturi, Kertawangi, Jawa Barat

4. Magical Treehouse di Pantai Balangan, Bali

Di antara berbagai akomodasi baru dan unik yang bermunculan di Bali, Magical Treehouse di Pantai Balangan, Jimbaran ini tentunya menawarkan sesuatu yang benar-benar berbeda.

Mengusung konsep eco-resort dengan setting pedesaan, rumah pohon bergaya vintage ini dibangun di antara rimbunan pohon-pohon jati dan kapuk sehingga Anda akan benar-benar merasa berada di tengah alam bebas. Satu hal yang menjadikan rumah pohon ini benar-benar unik, karena konstruksinya dilakukan dengan cara tradisional dan menggunakan kayu-kayu bekas dari kapal-kapal nelayan yang didaur ulang.

Kelebihan lainnya adalah… rumah pohon ini berjarak hanya satu jam perjalanan dari bandara dan 5 menit berkendara dari pantai!

Sangat ideal untuk liburan romantis berdua pasangan atau untuk berkumpul mengisi waktu berharga bersama keluarga.

Harga mulai dari Rp880.420,- per malam

Lokasi: Jalan Pantai Balangan

Telepon: 0363-23522

5. Rumah Pohon Taman Dayu (The Pines), Pasuruan, Jawa Timur

Terletak di kawasan taman rekreasi Taman Dayu Pandaan, Pasuruan rumah pohon ini bisa ditempuh selama sejam berkendara dari Surabaya.

Kamarnya sendiri cukup sederhana, hanya berisi satu buah tempat tidur, bantal, dan selimut, namun suasana di sekitarnya sungguh luar biasa. Udaranya begitu bersih dan menyegarkan. Satu-satunya suara yang akan Anda dengar selain hembusan angin di sela-sela pepohonan adalah kicauan burung yang merdu!

Kamar mandi terletak tepat di bawah rumah pohon (yah, hitung-hitung sekalian berolahraga kalau Anda harus bolak-balik buang air kecil). Meskipun rumah pohon ini berada di sebuah bukit, namun suhu udaranya tidak terlalu dingin, jadi Anda tak perlu repot-repot mengemas banyak jaket dan pakaian hangat.

Jangan khawatir mati gaya selama menginap di sini, karena di Taman Dayu terdapat banyak aktivitas seru yang bisa dilakukan, dari latihan haling rintang, arena paintball, mengemudi ATV, dan banyak lagi. Selain itu Taman Dayu juga memiliki jalur trekking yang indah dan menantang bagi Anda yang gemar hiking.

Tempat makan terdekat dari tempat ini jaraknya 15 menit berkendara, jadi Anda disarankan untuk menyewa mobil atau menyiapkan stok makanan yang banyak.

Lokasi: Jl. Raya Surabaya – Malang Km48, Pandaan, Pasuruan, Jawa Timur 67156. Telepon: 0343-633 411

6. Rumah Pohon Leo, Taman Buah Mekarsari, Cileungsi, Jawa Barat

Kalau faktor keamanan sangat Anda utamakan, maka menginaplah di Rumah Pohon Leo. Rumah-rumah pohon ini kelihatannya seperti dibuat dari kayu, padahal aslinya terbuat dari dinding bata namun dibuat sedemikian rupa sehingga amat menyerupai kayu!

Rumah Pohon Leo terletak di dalam Taman Buah Mekarsari, Cileungsi. Di lokasi ini Anda dapat mengagumi keindahan alam di kala senja. Anda juga bisa bergabung dengan kelompok tur untuk menjelajah lahan sekitarnya, atau naik perahu mengitari danau.

Ini adalah tempat bagi mereka yang ingin mengeksplorasi alam namun tidak mau terlalu capek. Turnya amat santai, bahkan di dalam rumah pohon dilengkapi dengan pendingin ruangan!

Bukan itu saja, Anda juga akan menemukan kulkas mini di dalam rumah pohon ini! Sedangkan perlengkapan barbekyu juga disediakan apabila Anda ingin masak-masak.

Sarapan dapat dinikmati di teras sambil menghirup udara segar dan menikmati pemandangan asri di sekitar Anda.

Lokasi: Jl. Raya Cileungsi KM03, Taman Buah Mekarsari, Bogor, Jawa Barat 16820. Telepon: 0812 9430 4040 (Ismy Fazriah). E-mail: akomodasi@mekarsari.com, cs@mekarsari.com

7. Rumah Pohon di Taman Buru Gunung Masigit Kareumbi (TBMK), Jawa Barat

Taman Buru Gunung Masigit Kareumbi atau biasa dinamakan Kawasan Konservasi Masigit terletak di antara tiga wilayah – Bandung, Sumedang dan Garut. Di dalam kawasan ini terdapat rumah - rumah pohon yang paling natural dan cantik yang pernah Anda lihat!

Kawasan Konservasi Taman Buru Gunung Masigit Kareumbi (TBMK) menawarkan rekreasi hutan nyaman sekaligus mengenalkan pelestarian lingkungan.

Wilayah seperti ini jarang dikunjungi pelancong dan keluarga. Alasan utamanya adalah keselamatan dan efisiensi lamanya liburan. Di sinilah hadir Kawasan Konservasi Taman Buru Gunung Masigit Kareumbi (TBMK). Dengan konsep mengenalkan alam pada masyarakat, wilayah yang hanya berjarak empat jam dari Jakarta ini merupakan contoh konservasi dalam proses berjalan.

Nasional Geografi

Anda akan benar-benar merasakan pengalaman tinggal di alam bebas di sini, pasalnya rumah pohon ini tak dilengkapi dengan listrik dan tempat tidur. Jadi pastikan Anda membawa sleeping bag dan lampu sendiri.

Aktivitas yang bisa dilakukan di sini cukup beragam, diantaranya kayak, kano, bersepeda, atau sekadar berjalan kaki mengitari kawasan konservasi. Anda pun bisa menjadi donator bagi kawasan tersebut dengan membeli bibit pohon untuk ditanam kembali agar hutan ini tetap lestari. Nantinya, nama Anda akan ditulis pada sebuah papan kecil yang dicantumkan di depan pohon tersebut! Anda juga akan terus dikabari tentang perkembangan bibit pohon tersebut.

Di dekat area rumah pohon terdapat tempat penangkaran rusa di mana Anda bisa bermain dan memberi  mereka makan. Hanya terdapat lima unit rumah pohon saja, dan biasanya sudah fully booked di bulan November dan Desember.

foto: Nasional geografi

Lokasi: Kp. Leuwiliang, Desa Tanjungwangi, Kec. Cicalengka, Kab. Bandung, Jawa Barat. Telepon: 0857 2191 4160, E-mail: info@tbmk.org

8. Magical Treehouse in Ubud, Bali

Rumah pohon yang satu ini memang benar-benar luar biasa! Saking populernya, sampai-sampai rumah pohon ini sering terisi penuh oleh tamu. Berdiri di atas kayu pada permukaan tanah yang kokoh, Magical Treehouse memiliki pemandangan yang menakjubkan, yaitu persawahan Ubud nan elok.

Meskipun ini adalah sebuah rumah pohon dengan suasana alam, namun sang pemilik menawarkan fasilitas dan pelayanan yang tak kalah dibandingkan dengan yang ada di hotel. Di sini terdapat kolam di tengah hutan, serta bathtub luar ruangan yang terbuat dari kayu dan air terjun pribadi!



Terdapat dua buah ruangan di rumah pohon ini, satu di lantai atas dan satu di lantai bawah, yang terhubung baik oleh tangga outdoor yang dikelilingi pepohonan, maupun tangga indoor yang unik. Di lantai atas Anda dapat bermalas-malasan di atas bale sambil menonton televisi. Sebuah meja  dan kamar mandi juga tersedia di sini.

Sedangkan kamar tidur di lantai bawah memiliki kamar mandi sendiri lengkap dengan bathtub kayu cantik buatan tangan. Tempat yang asik untuk bersantai sambil membaca novel kesayangan Anda!



Jika Anda ingin memanjakan tubuh, tak jauh dari rumah pohon ini terdapat layanan spa dengan harga terjangkau. Kalaupun ingin beraktivitas, tempat ini jaraknya hanya sekitar satu mil saja dari pusat kota.



Harga mulai dari Rp1.691.852, Lokasi: Jalan Raya Pengosekan, Ubud, Bali. Telepon: 0363-23522

9. Green Village Bamboo House, Abiansemal, Bali

Di rumah pohon ini semua impian masa kecil Anda terwujudkan dalam sebuah kemewahan yang tak terbayangkan. Terdiri dari 6 lantai, bangunan dari bambu yang dirancang oleh desainer serta arsitek ternama John Hardy ini berdiri di tepi Sungai Ayung yang dikeramatkan oleh masyarakat Bali dan merupakan salah satu akomodasi terunik yang ada di pulau ini.

Bahkan rumah pohon dari bambu ini pernah ditayangkan di acara Morning Show di saluran televisi Amerika Serikat,  CBS serta diulas di halaman muka New York Magazine.
Bukan cuma desainnya saja yang lain daripada yang lain, akomodasi ramah lingkungan ini juga memiliki arsitektur yang spektakuler lengkap dengan berbagai fasilitas penunjang. Di lantai paling atas terdapat sebuah kantor, ruang media dan ruang bermain anak-anak. Rumah pohon ini juga memiliki pelayan pribadi yang siap melayani Anda setiap saat. Dan apabila ingin bersantai, Anda dapat melakukannya di taman dan kolam pribadi!

Terdapat empat buah kamar tidur di sini, masing-masing memiliki kamar mandi sendiri, sebuah dapur yang lengkap, sebuah ruang untuk bersantai dan juga ruang makan. Pemandangannya pun sangat memesona. Meski dikelilingi oleh suasana alam yang asri, namun Anda tetap dimanjakan oleh kemewahan. Menginap di sini tentunya akan jadi pengalaman liburan yang tak terlupakan.

Harga mulai dari Rp9.406.669,- per malam

Lokasi: Jalan Raya Sibang Kaja, Abiansemal, Bali

Telepon: 0363-23522

10. Rumah Pohon Curug Ciherang Lokasi Selfie Hits di Bogor

Jawa Barat memiliki keindahan alam yang menjadi modal besar untuk pariwisata. Kota Hujan ini memiliki banyak destinasi wisata alam terutama wisata alam pegunungan.

Bogor yang merupakan daerah di kaki Gunung Gede dan Salak ini memiliki "seribu" curug. Sehingga, tak heran ada yang menyebut kota ini juga sebagai "Kota Seribu Curug" atau surganya wisata curug. Salah satu curug indah tujuan wisata di Bogor yaitu Curug Ciherang.

Curug Ciherang terletak di Desa Sukawangi, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor. Curug ini memiliki ketinggian kurang lebih 30 meter. Di Curug Ciherang, Anda bisa menikmati keindahan ketinggian dengan naik ke rumah pohon yang terletak di kawasan curug.

Perlu berjalan menanjak untuk mencapai rumah pohon dari pintu masuk kawasan wisata Curug Ciherang. Perjalanan di jalan setapak tentu tak sedikit membutuhkan tenaga. Perlu tenaga ekstra untuk mencapai rumah pohon. Jalanan sudah dibuat sedemikian rupa sehingga nyaman dan aman untuk para pelancong. Jalanan ini merupakan trek yang sengaja dibuat menggunakan batu-batu dengan susunan rapi.

Rumah pohon dibangun di atas pohon besar. Pohon ini terletak di tebing sehingga bagian bawahnya merupakan jurang cukup dalam. Sebuah bangunan kayu sengaja dibangun di atas pohon sebagai tempat singgah atau sekadar berfoto sebelum sampai di curug. Rumah pohon dihubungkan dengan sebuah jembatan kayu dari jalur. Nah, lokasi ini yang saat ini sedang hits di antara pelancong terutama muda-mudi di Bogor.

Itulah 10 rumah pohon yang ada di indonesia dengan lokasi yang bisa kita jangkau. Jadi mau kemana akhir pekan nanti?

Salam..

Artikel Tag: rumah pohon, wisata rumah pohon, malang, bogor, taman safari, bali, surabaya, ubud, lembang, pasuruan, cileungsi

     
317