10 Air Terjun Terindah dan Menakjubkan Di Dunia

Penulis:
Rabu , 23:36 WIB
10 Air Terjun Terindah dan Menakjubkan Di Dunia
10 Air terjun terindah dan menakjubkan di dunia

Keindahan alam yang tercipta di dunia ini tidak lepas dari peran Tuhan YME. Hal yang membuat takjub karena kejadian alami yang membuat alam menjadi indah itu tidak ada campur tangan manusia. Berikut Keindahan air terjun di dunia yang perlu Anda ketahui:

1. Victoria Falls di Zimbabve

Victoria Falls atau Mosi-oa-Tunya adalah air terjun yang indah, terletak di perbatasan Zambia dan Zimbabwe. Air sungai Zambezi jatuh dalam garis lurus di ketinggian 354 ft atau sekitar 108 m dan memiliki lebar 5.604 ft  atau sekitar 1708 m. Karena tingginya air yang jatuh, terdengar suaranya hingga beberapa kilometer.

2. Iguazu Falls di Brazil/Argentina

Iguazu Falls ditemukan di perbatasan Brasil dan Argentina. Dengan ketinggian 285 ft atau 87 m, air terjun ini bisa dibilang tidak terlalu tinggi, tapi cukup mengesankan: memiliki 275 cascades, yang membentuk tapal kuda dan peregangan sekitar 8.858 ft atau 2.700 m.

3. Angel Falls di Venezuela

Angel Falls adalah air terjun yang tertinggi di dunia, dengan tinggi 3.212 ft atau sekitar 979 m. Anda dapat mengunjung air terjun ini di Canaima National Park, yang dilindungi oleh UNESCO. Nama air terjun ini sesuai dengan nama penemunya dari penerbang pesawat US, Jimmie Angel.

4. Kaieteur Falls in Guyana

Kaieteur Falls ditemukan di Guyana. Ketinggian jatuhnya Air kira-kira 741 ft atau sekitar 226 m, kemudian diikuti banyak anak air terjun yang curam. Hal ini banyak menarik wisatawan yang suka perjalanan ekstrim, karena pada saat musim gugur orang-orang lebih memilih di tengah-tengah padang gurun dengan tidak ada fasilitas seperti di perkotaan.

5. Niagara Falls di Canada, USA

Air Terjun Niagara adalah yang paling terkenal di dunia. Air terjun ini menandai perbatasan antara AS dan Canada. Air Terjun Niagara terbentuk dari dua bagian - Horseshoe Falls di sisi Canada dan American Falls di sisi Amerika - yang dipisahkan oleh sebuah pulau. Pemandangan dari sisi Horseshoe Falls lebih mengesankan: air terjun di sini memiliki tinggi 173 ft atau sekitar 53 m, sedangkan American Falls hanya memiliki tinggi 70-100 ft atau sekitar 21-30 m.

6. Gullfoss (Golden Falls) di Islandia

Gullfoss merupakan sebuah air terjun yang megah yang letaknya di barat daya Islandia. Air terjun ini tidak terlalu tinggi,sekitar 36 ft atau 11 m dan 68 ft atau sekitar 21 m, namun pemandangan disini sangat indah. Karena aliran sungai Hvita terlihat seperti menghilang ke dalam jurang.

7. Plitvice Falls di Kroasia

Plitvice Falls ditemukan di Plitvice Lakes National Park, Kroasia. Air terjun ini tidak begitu tinggi, tetapi yang menakjubkan karena banyak memiliki anakan air. Ada ratusan anakan air terjun dan warna air pun bervariasi.

8. Yosemite Falls di USA

Yosemite Falls adalah air terjun tertinggi di Amerika Utara. Dengan ketinggian 2.425 ft atau sekitar 739 m di Sierra Nevada, California. Air terjun ini bersumber dari air salju yang mencair, karena kadang-kadang sungai bisa berhenti karena jumlah salju yang sedikit.

9. Sutherland Falls in New Zealand

Sutherland Falls terletak di Fiordland, Selandia Baru. Dengan ketinggian 1.902 ft atau sekitar 580 m air terjun ini adalah salah satu air terjun tertinggi di dunia. Air terjun ini jatuh dalam tiga air terjun, yang menjadikan pemandangan air terjun ini unik. Air terjun ini diberi nama sesuai dengan nama penemunya, Donald Sutherland pada tahun 1880.

10. Nohkalikai Falls di India

Nohkalikai Falls ditemukan di India. Air terjun jatuh dengan ketinggian 1100 ft atau sekitar 335 m. Meskipun aliran air mengalir hanya 1,5 mil atau 2 km panjangnya, Nohkalikai sangat mengesankan. Sebuah kolam terbentuk di bawahnya, di mana air berubah menjadi warna hijau.

Artikel Tag: air terjun, water fall, victoria, iguazu, angel, kaieteur, niagara, gullfoss, plitvice, yosemite, sutherland, nohkalikai

     
419